Breaking News:

Yogyakarta

Gelar Grebeg Maulud, Lima Gunungan Akan Diarak Menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Besok

Tujuh gunungan tersebut terdiri dari tiga Gunungan Kakung, Gunungan Dharat, Gunungan Pawuhan, Gunungan Estri dan Gunung gepak

Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Sebanyak enam gunungan yang berisi hasil bumi tengah dirakit di Bangsal Magangan Kraton Yogyakarta pada Selasa (20/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak enam gunungan yang berisi hasil bumi tengah dirakit di Bangsal Magangan, Kraton, Yogyakarta, Selasa (20/11/2018).

Dalam Grebeg Maulud yang akan dilaksanakan pada Rabu (21/11/2018) besok, Kraton Yogyakarta akan mengeluarkan tujuh gunungan.

Tujuh gunungan tersebut terdiri dari tiga Gunungan Kakung, Gunungan Dharat, Gunungan Pawuhan, Gunungan Estri dan Gunung gepak.

Koordinator Perakit Gunungan, Panikaryo Penewu, mengatakan sebanyak lima gunungan ini akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat.

Sebelum diperebutkan masyakarat, lima gunungan tersebut akan didoakan terlebih dahulu.

Sementara dua Gunungan Kakung lainnya akan dibawa ke Kepatihan dan Puro Pakualaman Yogyakarta.

"Gunung Gepak akan dibuat besok pagi, itu isinya buah-buahan," ujar Pani kepada Tribunjogja.com.

Abdi Dalem Kertaon Yogyakarta menyelesaikan proses pembuatan gunungan untuk Grebeg Sekaten di kawasan bangsal Magangan, komplek Keraton Yogyakarta, Senin (19/11/2018). Gunungan yang berisi makanan serta hasil bumi tersebut akan dibagikan pada puncak perayaan Sekaten yaitu pada Grebeg Sekaten yang akan dilaksanakan pada Rabu (21/11/2018) mendatang.
Abdi Dalem Kertaon Yogyakarta menyelesaikan proses pembuatan gunungan untuk Grebeg Sekaten di kawasan bangsal Magangan, komplek Keraton Yogyakarta, Senin (19/11/2018). Gunungan yang berisi makanan serta hasil bumi tersebut akan dibagikan pada puncak perayaan Sekaten yaitu pada Grebeg Sekaten yang akan dilaksanakan pada Rabu (21/11/2018) mendatang. (Tribun Jogja/ Hasan Sakri Ghozali)

Pani melanjutkan, gunungan-gunungan yang ada di Bangsal Megangan ini akan dibawa ke Keben besok pukul 03.30 pagi.

Selanjutnya, gunungan tersebut akan diarak oleh Abdi Dalem dan Bregada Prajurit Kraton Yogyakarta menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

"Iring-iringan gunungan dari Keben melewati Siti Hinggil, Pagelaran, Alun-alun Utara menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta," lanjutnya.

Adapun isi dari gunungan-gunungan tersebut yakni kacang panjang, telur asin, cabai merah, cabai hijau, rengginan dan kue-kuean. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved