Pemilu 2019

Tim Gabungan Tertibkan 695 APK yang Salahi Aturan di 14 Kecamatan di Kota Yogya

Tim Gabungan Tertibkan 695 APK yang Salahi Aturan di 14 Kecamatan di Kota Yogya

Tim Gabungan Tertibkan 695 APK yang Salahi Aturan di 14 Kecamatan di Kota Yogya
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Bawaslu Kota Yogyakarta bersama Satpol PP Kota Yogyakarta saat berdiskusi dengan warga sebelum melakukan penertiban APK di JLan Glagahsari, Senin (19/11). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Bawaslu Kota Yogyakarta bersama Satpol PP Kota Yogyakarta dan pihak kepolisian melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar Peraturan Walikota nomor 55 tahun 2018 tentang APK, Senin (19/11/2018).

Komisioner Panwaslu Kecamatan Umbulharjo, Debi menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 18 APK milik caleg yang tersebar di 49 titik. Semua APK yang melanggar tersebut, seluruhnya ditertibkan pada hari yang sama.

Pada titik penertiban pertama, Tribun Jogja memantau sempat terjadi dialog antara Panwascam dengan warga sekitar pemasangan APK.

Baca: Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Ajak Masyarakat Awasi Pemutakhiran DPT Pemilu 2019

Setelah berdiskusi, ternyata APK yang dipasang di halaman rumah warga tersebut telah memperoleh izin dari pemilik rumah.

"Caleg ini masih saudaranya dan APK yang tertempel di sini sudah sepengetahuannya. Tapi kami jelaskan bahwa pelanggarannya di sini adalah pemasangannya yang ditempel di pohon," bebernya, di sela-sela penertiban APK.

Selanjutnya ia pun menjelaskan bahwa pihaknya hanya fokus menertibkan APK yang masuk sebagai rekomendasi untuk ditertibkan.

Hal tersebut membuat beberapa APK yang terpasang dan belum masuk dalam rekomendasi, belum bisa ikut ditertibkan dalam kesempatan tersebut.

Baca: KPU DIY Tunggu Perkembangan Hasil DPTHP 2 di Tingkat Nasional

"Ini masih masuk dalam kajian, belun kami tertibkan sekarang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Tri Agus Inharto menjelaskan bahwa penertiban tersebut dilakukan serentak di 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Adapun total APK yang ditertibkan mencapai 695 APK.

"Dari jumlah tersebut yang kami tertibkan berupa spanduk, rontek, dan baliho. Tanpa bendera. Karena kamo masih menunggu regulasi," tandasnya. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved