Breaking News:

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Ajak Masyarakat Awasi Pemutakhiran DPT Pemilu 2019

Dalam rangka mendukung KPU lakukan pemutakhiran daftar pemilih yang baik adalah dengan mendukung Pemda lakukan percepatan perekaman e-KTP

ist
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto di depan 300 peserta Pembinaan Satlinmas Kecamatan Gondokusuman, Danurejan dan Jetis Kota Yogyakarta, Senin 19 November 2018 di Gedung Grha Mandiri, Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemilu merupakan momentum bagi masyarakat dalam memilih wakil rakyat dan pemimpin secara konstitusional dan berdaulat.

KPU berkewajiban mewujudkan Daftar Pemilih Tetap yang benar, akurat dan baik untuk menjamin hak asasi warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih guna menggunakan kedaulatannya masuk dalam DPT, mendapatkan undangan memilih serta dapat menggunakan hak pilihnya di TPS secara baik.

"KPU harus bekerja keras mewujudkan DPT Pemilu yang baik dan benar. Kita dukung Pemda melalui Biro Tata Pemerintahan DIY dan Dinas Kependudukan & Catatan Sipil se DIY membantu KPU sesuai peraturan perundang-undangan. Disisi lain, kita mengajak masyarakat turut aktif mengawasi KPU dalam pemutakhiran daftar pemilih. Nah, Linmas bisa membantu pemutakhiran data pemilih ini dengan melaporkan warga sekitarnya yang belum masuk DPT kepada PPS atau KPU agar ditindaklanjuti," ujar Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto didepan 300 peserta Pembinaan Satlinmas Kecamatan Gondokusuman, Danurejan dan Jetis Kota Yogyakarta, Senin 19 November 2018 di Gedung Grha Mandiri, Yogyakarta.

Turut hadir menjadi narasumber dalam pembinaan Satlinmas hari ini, Anggota KPU DIY Ahmad Sidqy, DirBinmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto dan Kasatpol PP DIY Noviardi.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Eko Suwanto yang maju kembali sebagai caleg DPRD DIY dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 1 ini menambahkan bahwa sesuai dengan berita acara rapat pleno terbuka KPU tanggal 13 November 2018, terdapat perubahan baik jumlah pemilih maupun TPSnya yakni jumlah pemilih dalam DPT hasil perbaikan kedua sejumlah 2.733.830 yang tersebar di 11.780 TPS se DIY, dengan rincian di Kulonprogo 1.258 TPS dengan 335.578 pemilih, Bantul 3.040 TPS dan 708.987 pemilih, Gunungkidul 2.718 TPS dan 604.093 pemilih, Sleman 3.391 TPS dan 773.875 pemilih, serta Kota Yogyakarta 1.373 TPS dengan jumlah pemilih 311.297.

"Dalam rangka mendukung KPU lakukan pemutakhiran daftar pemilih yang baik adalah dengan mendukung Pemda lakukan percepatan perekaman e-KTP. Kita mendukung peningkatan kerja sama KPU, Bawaslu dengan Pemda untuk mewujudkan DPT Pemilu 2019 yang benar, akurat dan menjamin hak konstitusi warga negara. Dengan strategi sinergi antar lembaga, pemutakhiran daftar pemilih Pemilu 2019 akan dapat dilakukan dengan baik. Dalam waktu dekat ini Komisi A akan mengundang KPU, Bawaslu, Biro Tapem dan Dispendukcapil se DIY serta perwakilan masyarakat untuk bersama-sama mendukung KPU sempurnakan DPT Pemilu 2019", ujar Politisi Muda PDIP Eko Suwanto. (*)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved