Kulonprogo

Badan Perpustakaan dan Arsip DIY : Keluarga Ujung Tombak Tumbuhkan Minat Baca

Badan Perpustakaan dan Arsip DIY : Keluarga Ujung Tombak Tumbuhkan Minat Baca

Badan Perpustakaan dan Arsip DIY : Keluarga Ujung Tombak Tumbuhkan Minat Baca
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu
BPAD DIY menggelar talkshow Pembudayaan Kegemaran Membaca di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulon Progo, Senin (19/11/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Minat baca harus menjadi kebiasaan dalam keluarga. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan anak-anak.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip (BPAD) DIY, Monica Nur Lastiyani mengatakan keluarga menjadi ujung tombak dalam menumbuhkan sikap gemar membaca di kalangan anak-anak.

Membiasakan anak untuk rajin membaca pun bisa dilakukan dengan cara sederhana dan mengasyikkan dalam kesehariannya. Misalnya, dengan mendongeng atau membacakan buku cerita pada anak sebelum tidur.

"Membaca adalah soal kebiasaan. Ketika anak terbiasa melihat orangtuanya membaca, mereka pun akan menjadikan kegiatan itu sebagai kebiasaan,"kata Monica dalam Roadhow Minat Baca "Pembudayaan Kegemaran Membaca" di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulon Progo, Senin (19/11/2018). Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari berbagai unsur dan organisasi masyarakat.

Baca: Temui Pemerintah, FORPI Minta Ruang Publik Anak di Sleman Ditambah

Menurutnya. membaca adalah jendela ilmu yang sangat berguna bagi masyarakat dalam kehidupan keseharian serta meningkatkan kualitas hidup.

Kegemaran membaca akan berkorelasi dengan meningkatnya kemampuan individu dan kreativitasnya sehingga lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Termasuk juga menciptakan inovasi-inovasi tertentu yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Misal baca buku menanam mangga. Dipakai ilmunya saat menanam. Lalu hasilnya bisa dijual untuk menambah penghasilan,"kata Monica.(tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved