Jelang Pemilu 2019, Satlinmas Memiliki Peran Strategis Menjaga Kerukunan Warga

Menurut politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto Satlinmas memiliki peran strategis jelang pemilu

Jelang Pemilu 2019, Satlinmas Memiliki Peran Strategis Menjaga Kerukunan Warga
Ist
Eko Suwanto 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemilu 2019 momentum bagi rakyat menggunakan hak pilihnya di TPS guna menentukan calon wakil rakyat dan presiden/wakil presiden.

Kedaulatan rakyat dalam memilih di TPS merupakan hak asasi yang harus dihormati semua pihak termasuk penyelenggara, pengawas dan peserta Pemilu 2019.

"Kita berkomitmen mewujudkan pemilu 2019 dilaksanakan secara jurdil, rahasia, berintegritas, bermartabat dan berbudaya. Kita bersama Satlinmas seluruh DIY mendukung terwujudnya ketentraman, ketertiban umum, keamanan dan perlindungan bagi masyarakat dalam Pemilu 2019", ujar Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto dalam forum Pembinaan Satlinmas pada hari Sabtu, 17 November 2018 di Bantul.

Menurut politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto Satlinmas memiliki peran strategis jelang pemilu, diantaranya : penjaga kerukunan dan perdamaian warga, memiliki fungsi deteksi dan cegah dini kerawanan sengketa atau konflik serta memiliki peran strategis sebagai juru musyawarah dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan di wilayah.

"Kita dukung kerjasama Pemda melalui Satpol PP dan Linmas dengan Polri, TNI, Bawaslu dan KPU. Kita harapkan pada tingkat desa atau kelurahan dapat diselenggarakan Desk Pemilu yang secara khusus melakukan koordinasi untuk mewujudkan sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan guna wujudkan Pemilu yang baik. Koordinasi Linmas, Babinkamtibmas dan Babinsa akan sangat membantu usaha wujudkan Pemilu yang menggembirakan", ujar Politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto

Eko Suwanto yang pada Pemilu 2019 maju kembali sebagai caleg DPRD DIY dari dapil Kota Yogyakarta menambahkan bahwa jelang Pemilu 2019, kita dukung kesiapan 30.850 linmas yang akan tugas di 11.766 TPS, 438 desa dan kelurahan, 78 kecamatan, 5 kabupaten/ kota se DIY.

"Guna mendukung peningkatan kinerja dan semangat satlinmas saat bertugas di Pemilu 2019, komisi A bersama Satpol PP DIY menggelar Pembinaan Anggota Satlinmas sejumlah 4.500 orang se DIY. Kita harapkan satlinmas menjadi pelopor penggerak masyarakat dalam mewujudkan ketentraman, ketertiban, keamanan dan perlindungan masyarakat dalam Pemilu 2019", pungkas Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Eko Suwanto. (*)

Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved