Bantul

Waspadai Ancaman Virus Flu Burung Saat Musim Pancaroba

Virus flu burung pada musim pancaroba seperti saat ini biasanya menyerang unggas yang ada di Bantul.

Waspadai Ancaman Virus Flu Burung Saat Musim Pancaroba
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Kabid Peternakan DPPKP Bantul, Joko Waluyo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Musim pancaroba atau peralihan antara musim kemarau dengan musim penghujan, dalam catatan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Peternakan (DPPKP) Bantul, merupakan siklus penyebaran dari wabah virus Avian Influenza atau biasa disebut Flu Burung.

Kepala Bidang Peternakan dan kesehatan hewan DPPKP Bantul, Joko Waluyo mengatakan, virus flu burung pada musim pancaroba seperti saat ini biasanya menyerang unggas yang ada di Bantul.

Namun demikian, sampai sejauh ini, pihaknya mengaku belum mendapatkan laporan dari para peternak, perihal mulai menjangkitnya virus H5N1 tersebut di bumi Projotamansari.

Baca: Musim Pancaroba, Waspadai Demam Berdarah dan Leptospirosis

"Untuk tahun ini, sampai sekarang belum ada laporan, karena kita sudah antisipasi sebelumnya, dengan menggelar sosialisasi yang membahas mengenai penyakit hewan menular itu," kata Joko saat ditemui Tribunjogja.com di ruang kerjanya, Jumat (16/11/2018).

Sosialisasi tentang wabah penyakit flu burung, lanjut Joko, sudah dilakukan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Bantul di sejumlah titik wilayah.

Antara lain, di tiap-tiap kecamatan, kelurahan hingga masuk ke sejumlah kelompok-kelompok peternak.

Baik kelompok peternak ayam, unggas, ataupun itik.

Dengan adanya sosialisasi itu, menurut Joko, para peternak di Bantul sudah mengantisipasi kedatangan wabah flu burung pada jauh-jauh hari sebelumnya.

Terlebih, para peternak, diakuinya, sudah diberikan panduan yang ditempel di setiap kandang-kandang ternak, guna mengantisipasi wabah penyakit menular yang sewaktu-waktu bisa menyebar di kabupaten Bantul

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved