Yogyakarta

BPTBA LIPI Tingkatkan Keunggulan Pangan Tradisional Agar Mampu Berkompetisi Melalui Teknologi

BPTBA terus berupaya mengangkal keunggulan pangan tradisional agar mampu berkompetisi di industri pangan modern.

BPTBA LIPI Tingkatkan Keunggulan Pangan Tradisional Agar Mampu Berkompetisi Melalui Teknologi
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Pembukaan Bulan Teknologi 2018 yang berlangsung di Taman Pintar Yogyakarta pada Kamis (15/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Aspek keamanan dari kesehatan pangan menjadi perhatian penting dalam perkembangan teknologi pemrosesan makanan.

Jaminan keamanan dan kesehatan  tidak hanya dalam bentuk Angka Kecukupan Gizi pada kemasan maupun slogan pemasaran saja, namun komitmen produsen makanan dalam menjaga kualitas produk.

Baca: Puluhan UMKM Ikuti Bulan Teknologi BPTBA LIPI 2018

Keberadaan pangan tradisional dinilai memilki keunggulan dalam aspek kesehatan manusia.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) terus berupaya mengangkal keunggulan pangan tradisional agar mampu berkompetisi di industri pangan modern.

Untuk itu, LIPI melalui BPTBA menyelenggarakan Bulan Teknologi 2018 yang berlangsung di Taman Pintar Yogyakarta pada 15-17 November guna mengenalkan hasil penelitian terkait pengembangan pangan tradisional serta potensi UMKM.

Kepala BPTBA LIPI, Hardi Julendra mengatakan, tingkat kepentingan keamanan dan kesehatan pangan menjadi prioritas dalam perkembangan dengan makin kompleksnya proses persebaran produk makanan di seluruh dunia.

"Komitmen produsen makanan untuk menjaga keamanan dam kesehatan pangan harus dimulai  dari tahapan persiapan bahan baku hingga diproses menjadi produk jadi siap konsumsi," ujarnya pada Tribunjogja.com, Kamis (15/11/2018).

Ia melanjutkan, selain mengenaIkan hasiI penelitian LIPI tentang produk pangan tradisional, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi UMKM LIPI.

Selain itu, pihaknya ingin mempromosikan UKM yang sudah diberikan sentuhan teknologi, sehingga akan ada hubungan antara UKM, kebutuhan dan pemasaran.

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved