Internasional

Media AS Ini Kuak Rencana Operasi Kotor Saudi-AS-Israel Menyabotase Iran

Informasi The New York Times ini juga dikutip situs berita Mintpressnews.com, Rabu (14/11/2018).

internet
Rusia memperingatkan meningkatnya skala permusuhan Israel-Iran kini memasuki level sangat berbahaya. 

TRIBUNJOGJA.COM, WASHINGTON - Media AS, The New York Times, mengungkap plot rahasia trio Saudi Arabia, AS, dan Israel, yang akan menyabotase Iran.

Plot itu disiapkan tokoh intelijen Saudi yang dekat dengan Pangeran Mohammad bin Salman (MBS) dengan orang kepercayaan Presiden AS Donald Trump.

Pertemuan itu juga melibatkan sosok yang berhubungan dengan dinas rahasia Israel, Mossad. Mereka sepakat menyusun rencana operasi sabotase ekonomi melibatkan kontraktor swasta.

Selain plot menyabot ekonomi dan perdagangan Iran, komplotan ini juga menyusun daftar tokoh elite Iran yang harus dilenyapkan.

Informasi The New York Times ini juga dikutip situs berita Mintpressnews.com, Rabu (14/11/2018).

Proposal plot kotor ini disiapkan George Nader, pebisnis berdarah Lebanon-Amerika yang dikenal punya koneksi kuat dengan Trump dan elite Emirat Arab.

Sosok lain yang diduga kuat ikut terlibat adalah Joe Zamel, warga Israel yang punya hubungan kuat dengan dinas intelijen dan badan keamanan Israel.

The Times, sebutan populer New York Times, menyebut Nader dan Zamel bertemu di Saudi pada Januari 2017, dan merancang skema untuk merusak Iran lewat berbagai cara.

Mereka menyiapkan kampanye media sosial, mendanai kelompok oposisi Iran, membuat kampanye negatif pada elite-elite Iran, guna mendegradasi kepercayaan publik.

Dana yang dibutuhkan untuk rangkaian operasi ini mencapai 2 miliar dolar AS. Nader dan Zamel kini jadi saksi dalam kasus terkait kampanye Trump yang tengah diselidiki Robert Mueller, Direktur FBI.

Halaman
12
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved