Pendidikan

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Gelang Kesehatan 'Kanafit'

Tim Mahasiswa UGM melalui startup Majatech, memperkenalkan Kanafit, sebuah aplikasi mobile untuk mengukur beberapa indikator kesehatan penting.

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Gelang Kesehatan 'Kanafit'
istimewa
Tim Mahasiswa UGM melalui startup Majatech, memperkenalkan Kanafit, sebuah aplikasi mobile untuk mengukur beberapa indikator kesehatan penting. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tim Mahasiswa UGM melalui startup Majatech, memperkenalkan Kanafit, sebuah aplikasi mobile untuk mengukur beberapa indikator kesehatan penting.

Beberapa indikator yang diukur adalah denyut nadi, tekanan darah, jumlah langkah serta kalori yang terbakar hanya dengan smartband dan satu sentuhan dalam smartphone.

Hasil pengukuran tersebut akan tersimpan dalam smartphone dan bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan analisis di kemudian hari.

Tri Yunianta, salah satu pengembang aplikasi Kanafit mengatakan, pengembangan aplikasi ini diperuntukan untuk memantau kesehatan para pengguna smart blend atau gelang pintar.

Baca: UGM Siapkan Unit Pengolahan Limbah Batik Kayu

Pihaknya memerlukan waktu kurang lebih empat bulan untuk melakukan eksplorasi dan pembuatan aplikasi.

Sedangkan untuk perangkatnya saat ini masih menggunakan pasokan dari pihak ketiga.

“Kita memulai ide ini muncul sejak bulan maret lalu dikerjakan selama 4 bulan,” ujar Tri melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com pada Rabu (14/11/2018).

Mahasiswa, Prodi Elektronika dan Instrumentasi ini menjelaskan munculnya ide pembuatan Kanafit berawal dari keinginan membuat inovasi teknologi yang mendistrupsi layanan bidang kesehatan.

Pemilihan nama Kanafit kata Tri diambil dari bahasa sansekerta yang artinya gelang.

Sehingga produk aplikasi yang dikembangkan bisa terkoneksi dengan gelang pintar atau smart blend.

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved