Breaking News:

Kota Yogya

Hasil Pengecekan Kelaikan Wahana Bianglala dan Kora-kora, Polisi : Masih Diteliti Lebih Lanjut

Hasil Pengecekan Kelaikan Wahana Bianglala dan Kora-kora, Polisi : Masih Diteliti Lebih Lanjut

Ist/dok. Nurdin
Bianglala terbalik di Sekaten 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM - Polresta Yogyakarta melakukan uji lapangan bersama dengan tim ahli dari Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) terkait dengan keamanan wahana permainan bianglala dan kora-kora yang ada di arena Pasar Malam Perayaan Sekaten, Rabu (14/11/2018).

Uji lapangan tersebut merupakan tindak lanjut dari insiden terbaliknya kabin bianglala di Sekaten Minggu (11/11) lalu.

Baca: Jenazah Zuiva Puspita Ningrum, Korban Lion Air JT610 Asal Yogyakarta Teridentifikasi Tim DVI

Ahli dari PJK3, Sarwono mengatakan pihaknya telah melakukan magnetik partikel tes. Tes tersebut dilakukan untuk mengecek struktur dari wahana tersebut. Tidak hanya struktur, Sarwono juga melakukan pengecekan fungsi wahana.

Baca: Buntut Kasus Kecelakaan Bianglala di Pasar Malam Perayaan Sekaten, Sultan Minta Ada Standarisasi

" Jadi melalui magnetik partikel tes, bisa melihat layak dipakai atau tidak. Las-lasan baik atau tidak. Kami tadi juga cek secara elektrik dan fungsi-fungsi lain, misalnya pengereman. Lihat secara visual struktur wahana tersebut mampu bertahan atau tidak dengan beban di alat tersebut," katanya disela-sela pemeriksaan di Alun-alun Utara Yogyakarta Rabu (14/11/2018).

"Kalau dari hasil pengecekan beberapa tadi masih baik. Dari struktur baik, tidak ada cacat. Tetapi ini yang sudah saya lakukan pengecekan, belum semua," sambungnya.

Baca: Seluruh Wahana Bianglala dan Kora-Kora Ditutup, Pasar Malam Sekaten Diharapkan Tetap Bisa Meriah

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, S.IK mengatakan uji lapangan tersebut guna melihat kelayakan dari wahana bianglala dan kora-kora yang dianggap berbahaya.

"Demi keselamatan Polresta datangkan tim ahli yang disaksikan oleh pengelola dan penyelenggara. Telah diuji lapangan yang namanya uji struktur," katanya. (tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved