Sports

40 Cabor Akan Dipertandingkan di Porda DIY 2019

Andai jumlah pendaftar tidak sampai memenuhi ketentuan, maka cabor tersebut tidak jadi diselenggarakan.

40 Cabor Akan Dipertandingkan di Porda DIY 2019
IST
Pimpinan KONI Kota Yogyakarta, beserta dewan juri, memperlihatkan logo dan maskot yang terpilih untuk Porda DIY XV 2019, di Kantor KONI Kota Yogyakarta, Jumat (19/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah sempat simpang siur, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY akhirnya menetapkan jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV DIY 2019 mendatang.

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto menuturkan, sesuai keputusan pihaknya, bersama KONI kabupaten/kota, telah ditetapkan sebanyak 40 cabor, dengan 53 subcabor.

Namun, sampai sejauh ini, belum ada penetapan mengenai jumlah yang dipertandingkan.

"Untuk kepastian jumlah kan menunggu pendaftatan, karena berdasarkan entry by number, ya. Jadi, kita masih menunggu sampai penutupan pendaftaran peserta," katanya.

Baca: KONI Kota Yogyakarta Pertanyakan Bertambahnya Jumlah Cabor Dalam Porda 2019

Djoko pun mengungkapkan, penetapan jumlah cabor oleh KONI DIY tersebut, telah tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 019 Tahun 2018, tentang Penetapan Cabang Olahraga untuk PORDA XV/2019 KONI DIY, tertanggal 30 September 2018.

Menurutnya, dari jumlah yang telah ditetapkan, masih ada persyaratan yang harus dipatuhi, seperti jumlah pendaftar minimal, yakni tiga kabupaten/kota.

Andai jumlah pendaftar tidak sampai memenuhi ketentuan, maka cabor tersebut tidak jadi diselenggarakan.

Lebih lanjut, guru besar Ilmu Olahraga FIK UNY itu berharap supaya Porda DIY yang bakal digulirkan pada tahun depan, mampu mendongkrak prestasi para atlet.

Tidak hanya di level daerah, namun sampai ke tingkat nasional, atau bahkan internasional.

"Tahun 2018 lalu, DIY menyumbang 33 atlet untuk tampil membela Indonesia di Asian Games. Semoga, ke depan jumlah itu bisa semakin banyak lagi," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Yogya, Tri Djoko Susanto, mengatakan, sebagai tuan rumah Porda DIY 2019, pihaknya telah meluncurkan logo dan maskot ajang olahraga tingkat provinsi tersebut, bertempat di Balaikota Yogyakarta, Minggu (11/11/2018) lalu.

"Dengan  diperkenalkannya logo dan maskot kepada KONI DIY dan masyarakat secara umum, maka kami secara resmi telah siap, untuk menjadi tuan rumah Porda DIY tahun depan, yang akan digelar mulai 10 Oktober," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved