Agenda Jogja Hari Ini

Sebanyak 350 Turis dari 20 Negara Ikuti JIHW 2018

Gelaran JIHW 2018 ini menyuguhkan rangkaian kegiatan olah raga dengan nuansa heritage yang unik.

Sebanyak 350 Turis dari 20 Negara Ikuti JIHW 2018
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Jumpa pers The 10th Jogja International Heritage Walk 2018 di Hotel Melia Purosani pada Senin (12/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satu dasawarsa The 10th Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2018 kembali digelar di Yogyakarta pada 16-18 November 2018.

Mengambil tema "Save the Nature, Respect the Culture, Jogja to the World", kegiatan ini telah menorehkan prestasi membanggakan dengan terpilih sebagai acara yang masuk dalam one of 100 best national event di Kementerian Pariwisata.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, event tahunan ini dengan konsisten mampu mendatangkan peserta asing dari berbagai negara.

Kabid Pemasaran Dinpar DIY, Imam Pratanadi mengatakan, event JIHW 2018 ini diikuti sebanyak 350 wisatawan mancanegara yang berasal dari 20 negara.

Imam melanjutkan, dari tahun ke tahun jumlah wisatawan mancanegara yang berpartisipasi dalam JIHW terus mengalami peningkatan.

Baca: Ratusan Pelari Mancanegara Akan Ramaikan Jogja International Heritage Walk

"Jumlah terbesar yang pernah kita dapat sebelum tahun ini sekitar 300 wisatawan mancanegara, untuk saat ini 350 wisatwaan mancanegara," ujar Imam usai menggelar Jumpa Pers di Hotel Melia Purosani pada Senin (12/11/2018) sore.

Negara-negara yang pada tahun-tahun sebelumnya belim berpartisipasi pun tahun ini mulai berpartisipasi dalam gelaran JIHW.

"Singapura, Malaysia, Thailand, New Zealand mulai masuk," lanjut dia.

Baca: Jogja International Heritage Walk Kembali Digelar di Yogyakarta November Ini

Imam menambahkan, untuk peserta lokal yang turut berpartisipasi dalam gelaran JIHW, hingga saat ini tercatat sudah ada 5000 peserta.

Menurut dia, event tahunan JIHW ini tidak hanya mendatangkan wisatawan baru, tapi juga mendatangkan wisatawan repeater yakni wisatawan yang setiap tahunnya mengikuti event ini.

"Secara pencapaian kedatangan wisatwan repeater itu mengindikasikan bahwa suatu destinasi itu memang sudah cukup berkembang," katanya.

Gelaran JIHW 2018 ini menyuguhkan rangkaian kegiatan olah raga dengan nuansa heritage yang unik.

Rangkaian The 10th JIHW 2018 akan dibuka  dengan acara Friendship Walk yang bertempat di Desa Kalangan, Turi, Sleman pada Jumat (16/10/2018).

Rute ini akan diresmikan sebagai "Permanent walk 10 km standart route Internationaler Volkssport Verband (IVV)". (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved