Pemilu 2018

Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2, Jumlah Pemilih di Gunungkidul Bertambah 7.317 Orang

Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2, Jumlah Pemilih di Gunungkidul Bertambah 7.317 Orang

Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2, Jumlah Pemilih di Gunungkidul Bertambah 7.317 Orang
KOMPAS IMAGES/Roderick Adrian Mozes
Petugas memeriksa data pemutakhiran pemilih pemilu 2014, di Kelurahan Kenari, Jakarta, Selasa (4/6/2013). Komisi Pemilihan Umum mulai melakukan pendataan daftar pemilih untuk ikut dalam pemilihan umum 9 April 2014. 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul resmi menetapkan Data Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ( DPT HP 2) Pemilu 2019.

Dari hasil perbaikan, terdapat penambahan jumlah pemilih dari 596.776 pemilih pada DPT HP 1 menjadi 604.093 pemilih dalam DPT HP 2.

"Perubahan tersebut dikarenakan berbagai faktor, mulai dari data ganda, maupun bertambah karena ada yang belum terdaftar, orang yang meninggal," jelasnya, Senin (12/11/2018).

Baca: Sudah Ditetapkan, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Masih Bermasalah

Dalam penetapan DPTHP 2 sendiri merupakan tindak lanjut pasca pleno DPTHP 1 nasional, yang masih mendapatkan masukan dari pihak Partai Politik (Parpol), maupun Badan Pengawas Pemili (Banwaslu).

"Rekomendasi berisi mengenai temuan pemilih ganda, elemen data tidak lengkap, karena ada temuan itu makanya perlu adanya perbaikan, mulai menghilangkan yang Tidak Memenuhi Syarat [TMS] dan menambahkan pemilih yang belum terdaftar," paparnya. (tribunjogja)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved