Insiden Bianglala di Sekaten

Buntut Kabin Terbalik, Operasional Bianglala Dihentikan Hingga Diketahui Penyebabnya

Buntut Kabin Terbalik, Operasional Bianglala Dihentikan Hingga Diketahui Penyebabnya

Buntut Kabin Terbalik, Operasional Bianglala Dihentikan Hingga Diketahui Penyebabnya
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Evi Wahyuni, Ketua Tim Pemanfaatan Lahan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) bersama tim saat melakukan peninjauan di lokasi kejadian bianglala terbalik, Senin (12/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Peristiwa terbaliknya beberapa kabin di salah satu bianglala Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 pada Minggu (11/11/2018, ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta.

Ketua Tim Pemanfaatan Lahan, Evi Wahyuni menjelaskan bahwa insiden tersebut baru kali pertama terjadi selama penyelenggaraan PMPS.

Pihak pengelola juga bukan pelaku baru melainkan sudah menjadi pengisi stand PMPS sejak lama.

"Kecelakaan ini baru terjadi kali ini. Ini bianglala model baru yang kabinnya tidak penuh. Kalau bianglala lainnya, kabinnya penuh. Ini yang jatuh juga kabinnya sebagian," tuturnya, ditemui di area PMPS 2018 di Alun-alun Utara, Senin (12/11/2018).

Baca: Insiden Kabin Bianglala Sekaten Terbalik, Masyarakat Tak Perlu Resah ke Sekaten

Terkait kejadian tersebut, pihaknya meminta agar pengelola menghentikan operasional bianglala untuk sementara waktu. Penghentian operasional tersebut juga terlihat dari diturunkannya semua kabin penumpang yang ada dikaitkan pada kerangka bianglala.

Evi menjelaskan, penutupan tersebut dilakukan sampai penyebab kecelakaan diketahui. Kalaupun akan difungsikan kembali, pihaknya meminta agar pengelola mampu memberikan jaminan keamanan untuk masyarakat dari suatu lembaga yang ahli.

"Dengan adanya kejadian ini, kami minta pengelola wahana permainan untuk mengecek ulang seluruh keamanannya. Antisipasi ke depannya akan kami minta sertifikat kelaikan wahana permainan," tegasnya.(tribunjogja)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved