Pendidikan

UIN Sunan Kalijaga Gelar Seminar Nasional Pemuda dan Bela Negara

Seminar ini bertujuan untuk mengingatkan kembali peran pemuda dalam menjaga keuntuhan NKRI.

UIN Sunan Kalijaga Gelar Seminar Nasional Pemuda dan Bela Negara
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Seminar Nasional Pemuda dan Bela Negara  dalam rangkaian kegiatan Pekan Pancasila dan Bela Negara diselenggarakan di Gedung Prof HM Amin Abdullah, UIN Sunan Kalijaga pada Kamis (1/11/2018).

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, seminar ini bertujuan untuk mengingatkan kembali peran pemuda dalam menjaga keuntuhan NKRI, yang mana hal tersebut juga berkaitan dengan peringatan sumpah pemuda dan akan adanya pemilu yang dilaksanakan pada 2019 mendatang.

Baca: Peringati Sumpah Pemuda, Komunitas Buku Berbagi Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi mengatakan jika kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan kembali mengenai petingnya persatuan dan kesatuan, terutama bagi generasi muda.

Menurutnya, momen Sumpah Pemuda bisa dijadikan refleksi untuk menegok kembali peran serta keikutsertaan pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Tanpa Sumpah Pemuda tidak ada Indonesia. Hari ini pemuda kita banyak digoncang persilangan ideologi dan kepentingan. Saya ingin mengingatkan kembali, jangan sampai perbedaan membuat perpecahan. Yang penting dari ini semua adalah persatuan,” terangnya.

Menurutnya, pertikaian inilah yang menghancurkan kedaulatan bangsa.

Apalagi dengan akan adanya Pemilu 2019, yang mana perbedaan pilihan jangan sampai membuat perpecahan.

Dia juga mengatakan jangan sampai membawa isu agama dalam berpolitik.

“Semuanya akan hancur ketika ada pertikaian, terutama kita menghadapi pemilu 2019. Kita ingin mengingatkan mahasiswa, melihat kebutuhan kita sebagai rakyat. Tidak apa apa kita berbeda-beda, tidak ada masalah. Jangan sampai, agama terutama digunakan untuk memecah belah negara,” ungkapnya.

Yudian mengingatkan kembali mengenai fungsi Pancasila yang merupakan pemersatu bangsa.

Menurutnya nilai-nilai yang ada dalam Pancasila sangat religius sekali dan terdapat dalam semua agama yang diakui di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved