Turki Menduga Khashoggi Dicekik Begitu Masuk Konsulat Lalu Dimutilasi

Otoritas Turki menyampaikan pernyataan resmi pertamanya terkait lanjutan kasus pembunuhan jurnalis asal Arab Saudi Jamal Khashoggi

Turki Menduga Khashoggi Dicekik Begitu Masuk Konsulat Lalu Dimutilasi
nytimes.com
Kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi 'hilang' di kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki. 

TRIBUNJOGJA.com, ISTANBUL - Otoritas Turki menyampaikan pernyataan resmi pertamanya terkait lanjutan kasus pembunuhan jurnalis asal Arab Saudi Jamal Khashoggi di gedung konsulat Saudi di Turki.

Dilaporkan AFP, Khashoggi diyakini dicekik segera setelah dia masuk ke gedung konsulat Saudi di Istanbul. Kemudian tubuhnya dimutilasi dan dihancurkan sebagai bagian yang telah direncanakan. Demikian pernyataan dari jaksa kepala Turki Irfan Fidan, satu jam setelah dia bertemu dengan jaksa agung Saudi Sheikh Saud al-Mojeb.

Jaksa Turki Gagal Dapatkan Info Keberadaan Jasad Wartawan Jamal Khashoggi

Sesuai dengan rencana sebelumnya, korban, Jamal Khashoggi, dicekik sampai mati segera setelah masuk ke Konsulat jendera Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018 untuk mengurus formalitas pernikahan," demikian pernyataan Fidan, Rabu (31/10/2018).

"Tubuh korban dipotong-potong dan dihancurkan menyusul kematiannya karena dicekik, yang lagi-lagi, sesuai dengan rencana awal," imbuhnya.

Intelijen MI6 Inggris Sudah Tahu Plot Habisi Jamal Khashoggi Sebelum Pembunuhan

Sheikh Saud dikirim Saudi sebagai kepala penyelidikan kasus pembunuhan Saudi ke Istanbul pada pekan ini.

Dia tiba pada Minggu lalu dan bertemu dengan Fidan sebanyak dua kali, serta berbincang dengan intelijen Turki MIT. Kemudian dia terbang ke Istanbul pada Rabu sore tanpa membuat pernyataan publik.

"Terlepas dari upaya kami yang bermaksud baik untuk mengungkapkan kebenaran, tidak ada hasil nyata yang keluar dari pertemuan itu," kata kantor kejaksaan Turki.

6 Pertanyaan yang Belum Terjawab dalam Misteri Pembunuhan Jamal Khashoggi

Seperti diketahui, Khashoggi merupakan jurnalis berkebangsaan Saudi yang bekerja untuk pers Amerika Serikat.

Dia dikenal sebagai pengkritik kebijakan negaranya.

BBC mewartakan, jenazah Khashoggi belum ditemukan hingga kini, namun Turki, AS, dan juga Saudi sepakat bahwa dia dibunuh di dalam gedung konsulat.

Erdogan Inginkan Pembunuh Jamal Khashoggi Diadili di Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berbicara dengan Raja Salman pada pekan lalu. Keduanya setuju untuk melanjutkan kerja sama penyelidikan.

Pejabat Turki anonim sebelumnya mengatakan, pihaknya memiliki bukti audio dan visual untuk membuktikan pernyataan mereka terhadap kematian sang jurnalis. Namun, bukti-bukti tersebut belum ada yang dirilis.

-

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Turki: Khashoggi Langsung Dicekik dan Dimutilasi Setelah Masuk Konsulat"

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved