Internasional

Siswa Pelatihan Militer Ini Nyaris Celaka setelah Salah Lempar Granat

Granat yang seharusnya dilempar melewati tembok itu justru terpantul dan jatuh sekitar dua meter di dekat kadet dan instrukturnya

Siswa Pelatihan Militer Ini Nyaris Celaka setelah Salah Lempar Granat
METRO.co.uk / ASIAWIRE
Kadet pelatihan angkatan udara bersama instruktur akademi saat menjalani latihan dasar melempar granat di Akademi Angkatan Udara di China. 

TRIBUNJOGJA.COM, HARBIN - Berkat kesigapan seorang instruktur pelatihan militer, seorang siswa pelatihan Angkatan Udara di China selamat dari ledakan granat.

Siswa tersebut nyaris celaka setelah dia gagal melemparkan granat melewati tembok saat latihan.

Dalam sebuah rekaman video yang dirilis militer China dan disiarkan stasiun televisi negara CCTV, tampak seorang kadet yang sedang menjalani latihan melempar granat dengan didampingi instruktur.

Dia melemparkan granat tersebut dari belakang tembok.

Namun granat yang seharusnya dilempar melewati tembok itu justru terpantul dan jatuh sekitar dua meter di dekat kadet dan instrukturnya.

Beruntung keduanya sempat mengamankan diri dengan masuk ke lubang perlindungan yang ada di samping mereka, tepat sebelum granat itu meledak.

Baca: Hendak Bersihkan Pekarangan, Pemuda ini Temukan Granat Nanas

Dilansir dari Metro.co.uk, insiden yang nyaris mencelakakan itu terjadi di Akademi Penerbangan Angkatan Udara Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) di Harbin, Provinsi Heilongjiang di China timur laut pada pekan lalu.

"Kadet tersebut bersama kelompok barunya sedang menjalani pelatihan teknik lemparan granat tangan dasar saat kesalahan itu terjadi," tulis laporan pihak militer.

Diduga, kadet itu gugup saat melemparkan granat sehingga arah lemparan granat tidak sempurna.

Baca: 6 Benda yang Diduga Granat Ditemukan Lahan Kosong. Ternyata Benda Itu Digunakan untuk Ini

"Sudut pergelangan tangannya saat melakukan lemparan salah dan menyebabkan granat menghantam tembok dan memantul ke samping kiri kami," kata Xu Hao, instruktur dalam pelatihan tersebut.

"Saya melihat adanya situasi bahaya sehingga langsung menangkap kadet itu dan kami melompat ke lubang perlindungan seperti yang seharusnya," tambahnya.

Pejabat akademi mengatakan, jika bukan karena keputusan dan tindakan cepat dari Xu, kedua orang tersebut kemungkinan telah menderita luka serius akibat ledakan granat tangan yang dapat efektif membunuh hingga jarak enam meter.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Lempar Granat, Siswa Pelatihan Militer di China Ini Nyaris Celaka", https://internasional.kompas.com/read/2018/10/31/19293111/salah-lempar-granat-siswa-pelatihan-militer-di-china-ini-nyaris-celaka.
Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved