Yogyakarta

November Awal, Sleman Timur dan Kulon Progo Utara Diperkirakan Akan Hujan

BMKG memperkirakan akan jatuh pada awal November untuk wilayah Sleman Timur dan Kulon Progo Utara.

November Awal, Sleman Timur dan Kulon Progo Utara Diperkirakan Akan Hujan
via tribun lampung
logo BMKG 

TRIBUNJOGJA.COM - Mengenai awal musim hujan, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memperkirakan akan jatuh pada awal November untuk wilayah Sleman Timur dan Kulon Progo Utara.

Agus Sudaryanto, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mlati mengungkapkan, saat ini semua daerah di DIY sudah mengalami musim pancaroba, yang mana hal tersebut merupakan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Baca: BMKG Peringatkan Adanya Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta

Dia mengatakan, satu diantara ciri dari musim pancaroba ini adanya hujan sporadis atau hujan lokal

"Saat ini peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Salah satu cirinya sudah ada hujan, namun secara sporadis atau kedaerahan. Semisal di Mlati hujan, di Depok tidak. Masih seperti itu. intensitasnya pun juga masih ringan namun nanti menuju awal musim hujan, curah hujan intensitas makin deras tapi durasinya pendek," ungkapnya pada Tribunjogja.com.

Dia mengatakan untuk itu masyarakat harus mewaspadai adanya hujan deras dengan durasi yang pendek, yang biasanya disertai dengan angin kencang dan petir.

"Untuk himbauan ke masyarakat, kebetulan yang sedang berada di luar, hendaknya tidak berteduh di pohon yang rindang, karena nanti takut kalau ada petir, kalau ada angin kencang dahan bisa patah," terangnya.

Mengenai awal musim hujan, masing-masing daerah di DIY berbeda-beda.

Untuk Sleman Barat dan Kulonprogo Utara diperkirakan akan jatuh pada periode November 1, yakni di tanggal 1-10 November.

Untuk Kabupaten Gunungkidul, diperkirakan akan jatuh pada November 3, yakni di tanggal 21-akhir bulan November.

"Untuk DIY berbeda-beda. Untuk Sleman bagian barat dan Kulonprogo bagian Utara itu November 1. Untuk Kabupaten Gunungkidul itu November 3. Selebihnya Sleman Timur, Bantul, Kulonprogo bagian Selatan, dan Kota Yogyakarta akan jatuh pada November 2, yakni di tanggal 11-20 November," katanya.

Baca: Prakiraan Cuaca Senin 29 Oktober 2018, Terjadi Hujan Lokal di Malam Hari

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut, masyarakat yang berada di dataran rendah yang daerahnya memiliki potensi banjir agar segera membersihkan selokan-selokan.

Sedangkan untuk Pemda, agar pohon yang rindang segera dikurangi rantingnya agar tidak roboh.

"Himbauan lebih baik masyarakat ataupun Pemda yang daerahnya berada di tempat rendah agar membersihkan selokan-selokan. Untuk Pemda agar pohon yang rindang dikurangi rantingnya, kalau tidak kena angin kencang bisa roboh. Itu bahaya kalau sampai tumbang, terutama di jalan akses utama," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved