Kota Yogyakarta

Pemkot Yogya Luncurkan 20 Unit Jogjabike

Pemkot Yogyakarta meluncurkan 20 unit Jogjabike atau sepeda kayuh berbasis aplikasi yang bisa digunakan wisatawan yang ada di Malioboro.

Pemkot Yogya Luncurkan 20 Unit Jogjabike
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti didampingi Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menjajal Jogjabike berkeliling Kawasan Malioboro, Sabtu (27/10/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan 20 unit Jogjabike atau sepeda kayuh berbasis aplikasi yang bisa digunakan wisatawan yang ada di Malioboro.

Penggagas Jogjabike, Muhammad Aditya menjelaskan bahwa pihaknya merancang Jogjabike karena ingin memberikan sesuatu kepada Kota Yogya.

Baca: Pemkot Yogya Gencar Lakukan Pendataan Septictank

"Kami membangun, mulai dari sepeda, perangkat, dan aplikasi ini semua karya lokal. Tahap awal 20 unit sepeda dibagi di 4 shelter yakni depan Loko Cafe, Malioboro Mal, Kepatihan, dan di Benteng Vredeburg," ujarnya pada Tribunjogja.com seusai peluncuran di Kawasan Malioboro, Sabtu (27/10/2018).

Ia menjelaskan sepeda berbasis aplikasi ini senada dengan semangat smart city, satu di antaranya adalah dengan teknologi yang ada pada Jogjabike.

Teknologi tersebut, lanjutnya, memungkinkan terjadinya konektivitas.

"Harapannya memberikan kemudahan bagi masyarakat dan mendukung branding Kota Yogya sebagai Kota Wisata di mana ikonnya Malioboro," bebernya.

Ia menambahkan bahwa akan tercipta suasana yang menyenangkan ketika bisa menikmati Malioboro dengan sepeda.

Terlebih Jogja juga mengembangkan kampung wisata yang menurutnya tidak ada sarana akses wisata yang pas selain sepeda.

"Sementara ini sepeda ini hanya bisa digunakan di kawasan Malioboro. Pengunjung bisa menggunakan dari pukul 08.00-21.00 WIB. Sampai akhir tahun ini tidak berbayar alias gratis," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved