Kulonprogo

Teknis Pencairan Dana Tali Asih PAG Dimatangkan

Pemkab Kulon Progo menjanjikan dana tali asih bagi warga penggarapan lahan PAG terdampak pembangunan NYIA bisa segera dicairkan.

Teknis Pencairan Dana Tali Asih PAG Dimatangkan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menjanjikan dana tali asih bagi warga penggarapan lahan Paku Alam Ground (PAG) terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon bisa segera dicairkan.

Namun, detail teknis pencairannya masih dilakukan pembahasan.

Baca: Verifikasi Data Calon Penerima Tali Asih PAG Rampung

Rencananya, pada Jumat (26/10/2018) ini, Dinas Pertanahan dan Tata ruang (Dispertarung) bersama pemerintah empat desa terdampak dan paguyuban warga penggarap akan bertemu untuk membahas detil teknis pencairannya.

Kepala Seksi Inventarisasi dan Identifikasi Pertanahan, Dispertarung Kulon Progo, Elda Triwahyuni mengatakan pembahasan perlu dilakukan setelah luasan lahan dan jumlah pasti warga penggarapnya terverifikasi sebelumnya.

Selanjutnya, besaran nilai yang didapat tiap orang akan dibahas dan dikaji untuk memudahkan pencairannya.

"Nanti juga akan diumumkan detil luas dan uang yang diterimakan," kata Elda pada Tribunjogja.com, Kamis (25/10/2018).

Terkait pembagian, nilai per meternya disebutkan tidak bulat Rp15.000 karena hasil pembagian nilai total tali asih Rp25 miliar dengan luas total lahan PAG yang digarap tak bulat sempurna.

Hal itu akan dibahas pada pertemuan Jumat ini.

Elda berkeberatan ketika ditanya terkait nilai terbesar maupun terkecil yang diterima penggarap dengan alasan menunggu kesepakatan dan tahapan yang ada terlebih dulu.

Kabid Pertanahan, Dispetarung Kulon Progo, Sugimo menyebut Pemkab dalam hal ini tidak bisa mengintervensi pencairancdana tersebut mengingat tali asih diberikan oleh Pura Pakualaman sebagai pemilik lahan PAG terdampak NYIA.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved