Bisnis

Delapan Juta UMKM Sudah Adopsi Teknologi Digital pada Tahun 2019

Kementeriannya menargetkan pada akhir tahun 2019 sebanyak delapan juta UMKM telah bertransformasi berbasis aplikasi teknologi digital.

Delapan Juta UMKM Sudah Adopsi Teknologi Digital pada Tahun 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Menkominfo, Rudiantara 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan.

Sebab itu, upaya mendorong pelaku UMKM terus digencarkan.

Baca: 140 UMKM Mebel dan Kerajinan Ikuti Pameran Saexpo Stoc Sales 2018

Hal ini pula yang saat ini digenjot oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Menurut Menkominfo Rudiantara, kementeriannya menargetkan pada akhir tahun 2019 sebanyak delapan juta UMKM telah bertransformasi berbasis aplikasi teknologi digital.

Target itu lebih cepat setahun, yakni sebelumnya diharapkan terealisasi pada tahun 2020.

“Mudah-mudahan akhir tahun 2019 semua UMKM sudah merambah ke teknologi digital. Kita juga sama-sama tahu bahwa sekitar 50 persen ekonomi Indonesia dari UMKM. Saat ini sudah ada 6,5 juta UMKM setara dengan 82 persen dari target delapan juta UMKM yang memanfaatkan teknologi digital,” ujar Rudiantara seperti dikutip  Tribunjogja.com dari keterangan resmi Kemenkominfo, Kamis (25/10/2018).

Guna mendukung target tersebut, Rudiantara menilai perlu kesiapan infrastruktur TIK sehingga membangun konektivitas yang berdampak kepada produktivitas pelaku bisnis startup, UMKM, dan UKM agar turut mendorong perekonomian bangsa.

Bukan sekadar untuk target pemanfaatan teknologi digital ke UMKM, pembangunan infrastruktur TIK juga bertujuan membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal).

“Pemerintah melalui Kemenkominfo sedang dalam proses untuk membangun satelit Palapa Ring sebagai siasat untuk memberikan akses internet ke seluruh kantor desa, sekolah dan puskesmas di wilayah 3T,” katanya.

Halaman
12
Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved