Breaking News:

Nasional

BATAN Terus Berupaya Siapkan Program Nuklir untuk Energi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) terus berupaya melakukan penyiapan terhadap berbagai aspek pendukung program nuklir untuk energi.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto saat memberikan keterangan dalam jumpa lers di Ruang Pertemuan STTN 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) terus berupaya melakukan penyiapan terhadap berbagai aspek pendukung program nuklir untuk energi.

Salah satu upaya tersebut yakni dengan melakukan pemetaan terhadap para pemangku kepentingan yang terkait dengan program pemanfaatan teknologi nuklir untuk energi.

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto menuturkan, beberapa stakeholder di negeri ini telah siap untuk menyonsong era pemanfaatan teknologi nuklir untuk industri.

Baca: Menlu Iran Minta Israel Segera Buka Program Nuklir Ilegalnya

“Kita sudah menyusun peta pemangku kepentingan. Pihak swasta yang paling siap adalah industri non nuclear island, misalnya industri pembuat turbin, sipil, dan teknologi non reaktor lainnya,” ujarnya pada Kamis (25/10/2018).

Di sisi lain, menurut dia, yang paling lemah adalah industri di nuclear island yakni industri yang bergerak di bidang reaktor dan fasilitas yang berisiko radiasi.

Hal ini karena sampai saat ini di Indonesia memang belum ada.

"Ini menjadi tantangan bagi BATAN untuk mengajak industri sebanyak-banyaknya bergerak masuk ke ranah industri nuclear island," lanjut dia.

Baca: Inggris Kecolongan, Kapal Selam Nuklir Rusia Masuk Perairan Tanpa Terdeteksi Radar

Dari sisi infrastruktur, Djarot mengklaim bahwa Indonesia telah siap untuk memasuki go nuclear.

Selain itu Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) dengan regulasinya juga siap mengawal pemanfaatan teknologi nuklir untuk energi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved