Bisnis

Facebook, Instagram dan WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Membantu bagi UMKM

Peran sosial media menjadi penting untuk menambah jangkauan pasar yang akan dituju.

Facebook, Instagram dan WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Membantu bagi UMKM
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Ferdy Nandes, Head of Emerging Bussiness and SMB Indonesia Philippines Facebook (kiri), Yoyok Rubiantono Founder Zetira.id (dua dari kiri), Rifki Ali Hamidi Owner Busana Mandiri Coorporation (dua dari kanan) dan Rizki Akbar atau Kiki, Owner dan Founder Idphotobook dalam sesi temu media di Hotel Alana Yogyakarta, Rabu (24/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Langkah mengembangkan bisnis dengan memahami dunia digital tampaknya perlu dikuasai oleh pelaku usaha khususnya saat ini.

Pemasaran kini tak bisa hanya melalui mulut ke mulut.

Baca: Bantu UKM Jangkau Pasar Lebih Luas, Facebook Gelar Laju Digital di Yogyakarta

Peran sosial media menjadi penting untuk menambah jangkauan pasar yang akan dituju.

Dalam sesi jumpa media di acara Laju Digital Facebook di Hotel Alana Yogyakarta, Rabu (24/10/2018), tiga pelaku usaha lokal DIY dihadirkan ialah Founder Zetira.id, Founder Busana Mandiri Corporation dan Founder Idphotobook.

Ketiganya mengamini bahwa facebook menjadi aplikasi yang membantu mereka menjangkau pasar lebih luas.

"Facebook memang membuat scale up bisnis kita lebih cepat. Segmentasi tertarget, area juga bisa kita atur," kata Rifki Ali Hamidi, Founder Busana Mandiri Corporation.

Bahkan ia sempat membandingkan kala usahanya tersebut belum menggunakan sosial media dan kini menggunakan sosial media untuk strategi pemasarannya. Ia mengaku sangat berbeda secara signifikan.

"Sebelum pakai facebook itu jualan hanya untuk kalangan sendiri tapi setelah dipasarkan lewat facebook, banyak yang tertarik ternyata," lanjutnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Yoyok Rubiantono, founder Zetira.id, Yoyok mengakui facebook menjadi platform yang membantunya menjangkau pasar lebih luas.

"Produk asli bantul bisa dijual hingga Jerman dan Eropa. Itu bukti jangkauan saat ini kita nggak bisa hanya terpaku Indonesia saja tapi sekarang sudah mengglobal," katanya di kesempatan yang sama.

Dari pantauan Tribunjogja.com, selain aplikasi facebook, ketiga pengusaha tersebut pun sepakat bahwa interaksi dengan pelanggan juga penting.

Melalui platform instagram dan WhatsApp itulah membuat sebuah bisnis menjadi jembatan sebuah bisnis bercakap dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.

Baca: Mau Naik Kelas, UMKM Harus Jeli Manfaatkan Dunia Digital untuk Jangkau Pasar Lebih Luas

"Karakter orang Indonesia itu lucu, di deskripsi sudah kita jelaskan secara detil soal produk tapi masih saja hal itu ditanyakan kembali. Itu yang membuktikan bahwa orang Indonesia itu ingin berinteraksi dengan pemilik usaha," kata Rizki Akbar founder Idphotobook.

Menurut ketiga pelaku bisnis tersebut, tiga platform yakni Instagram, Facebook dan WhatsApp memiliki peran masing-masing sehingga platform itulah yang wajib dimiliki dan setidaknya diketahui olwh pelaku usaha untuk menjangkau pasar lebih luas.

"Facebook dan instagram untuk menampilkan produk dan WhatsApp untuk berkomunikasi, strategi juga perlu disusun untuk mengembangkan bisnisnya," pungkas Kiki sapaan akrab yang juga pemilik Mangrove Printing ini.(*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved