Breaking News:

Perut Tiba-tiba Kembung saat Naik Pesawat, Ini Cara Mengatasinya

Perut manusia bagaikan balon. Saat berada di ketinggian, tekanan akan berkurang dan gas di dalamnya meningkat.

IST
Ilustrasi Perut Kembung 

TRIBUNJOGJA.COM - Saat bepergian menggunakan pesawat, terkadang perut terasa dipenuhi oleh gas sehingga membuat kembung dan tubuh menjadi terasa tidak nyaman.

Menurut Dr. Lawrence J. Brandt, ahli gastroenterologi dari New York, perut manusia itu bagaikan balon. Saat berada di ketinggian, tekanan yang mengelilingi balon akan berkurang dan gas di dalamnya meningkat.

"Hal yang sama terjadi pada tubuh. Saat tekanan di sekitar kita berkurang, gas di perut tidak dibatasi dan meluas. Ini bisa membuat kita merasa kembung atau menjadi buncit,” ucap Brandt.

Namun, jangan khawatir. Sakit perut saat berada di pesawat bisa dicegah. Demi kenyamanan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum bepergian dengan pesawat. Berikut di antaranya:

Konsumsi obat pencahar

Bagi Anda yang sensitif terhadap konstipasi, Brandt menyarankan untuk mengonsumsi obat pencahar.

"Konsumsilah obat pencahar selama sehari atau dua hari sebelum melakukan penerbangan untuk meminimalisir jumlah kotoran pada tubuh Anda. Bakteri di usus besar adalah penghasil gas dalam perut," ucapnya.

Awasi pola makan

Selain itu, tips lain untuk mengurangi gas dalam perut adalah dengan menghindari beberapa makanan tertentu sebelum maupun selama penerbangan.

Makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di perut meliputi brokoli, kembang kol dan makanan yang berminyak.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved