Nasional

Pastikan Hak Pendidikan Anak, KPAI Sarankan Sekolah Fokus pada Psikososial

Dalam tinjauannya, beberapa sekolah yang mengalami kerusakan ringan telah memulai pembelajaran.

Pastikan Hak Pendidikan Anak, KPAI Sarankan Sekolah Fokus pada Psikososial
IST
Memastikan hak pendidikan anak, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti (berkerudung) meninjau lokasi terdampak bencana di Palu dan Donggala, Sabtu-Senin, (20-22/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - KPAI melalui Komisioner Bidang Pendidikan, Retno Listyarti melalukan peninjauan lokasi terdampak bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Peninjauan dilaksanakan selama tiga hari yakni Sabtu-Senin, (20-22/10/2018).

Dalam tinjauannya, beberapa sekolah yang mengalami kerusakan ringan telah memulai pembelajaran.

"Untuk sekolah yang mengalami kerusakan ringan dan telah melaksanakan pembelajaran, supaya melakukan pembelajaran dengan psiko sosial," terang Retno kepada Tribunjogja.com melalui pesan WhatsApp.

Selain itu, KPAI juga telah melakukan pengawasan ke Petobo dan lokasi pengungsian di Masjid Raya Darussalam, Palu pada Minggu (21/10/2018) kemarin.

Baca: Ke Palu dan Donggala, KPAI Lakukan Pengawasan Sekolah Darurat

"KPAI memperoleh informasi bahwa pembelajaran di sekolah dan madrasah di Palu, Donggala, dan Parimo belum berjalan normal karena masih banyak siswa yang belum masuk sekolah," lanjutnya.

Retno mencontohkan, yakni SMKN 1 Sigi yang mengalami kerusakan mencapai 95 persen, jumlah siswa yang sudah masuk sekolah 161 dari total 860 siswa.

Baca: Buset! Aligator Raksasa Masuk Padang Golf, Coba Lihat Ukurannya

Hingga hari ini, lanjut Retno, pihak sekolah belum bisa mendata siswa yang selamat ataupun tidak.

Retno kembali mencontohkan seperti salah satu SLB Negeri di Palu yang memiliki 100 siswa berkebutuhan khusus, hingga minggu (21/10/2018) baru bisa memastikan 5 siswanya selamat.

Rencananya, Senin (22/10/2018) KPAI didampingi Kepala Dinas PPPA Donggala dan Ketua Umum KERLIP akan melakukan pengawasan ke sejumlah sekolah darurat dan satu lokasi pengungsian di kabupaten Donggala.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved