Peringatan Hari Santri Nasional

4500 Santri se-DIY ikuti Upacara Hari Santri

Sebanyak 4500 santri yang berasal dari seluruh wilayah di DIY mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Panahan, Yogyakarta

4500 Santri se-DIY ikuti Upacara Hari Santri
Tribun Jogja/ Siti Umaiyah
4500 santri ikuti upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Panahan Yogyakarta, Senin (22/10/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 4500 santri yang berasal dari seluruh wilayah di DIY mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Panahan, Yogyakarta pada Senin (22/10/2018).

Upacara dengan inspektur Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X tersebut juga dimeriahkan oleh drama kolosal serta Barongsai yang diperankan langsung oleh santri maupun Banser.

KGPAA Paku Alam X saat membacakan amanat Menteri Agama RI mengatakan jika momentum hari santri merupakan momen untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia.

Baca: Sambut Pilpres 2019, Pondok Pesantren di Bantul Netral

Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan cinta tanah air diharapkan para santri bisa menjadi semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah keragaman masyarakat.

"Berkaca pada sejarah, hari santri merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1946 di Surabaya. Resolusi jihad ini telah menyeimbangkan spiritualitas individu yang bersifat vertikal dengan kepentingan bersama yang bersifat horizontal," terangnya.

Wakil Gubernur mengatakan jika dukungan kepada santri sampai saat ini akan terus digelorakan. (tribunjogja)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved