Sleman

Puncak Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo akan Disertai Perebutan 1,5 Ton Apem

Puncak Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo akan Disertai Perebutan 1,5 Ton Apem

Puncak Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo akan Disertai Perebutan 1,5 Ton Apem
Istimewa
Malam puncak Upacara adat Ki Ageng Wonolelo yang akan disertai perebutan 1,5 Ton apem pada Jumat (19/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Malam puncak Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo akan dilaksanakan di Pondok Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Jumat (19/10/2018) siang.

Upacara ini, rencananya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Meriahnya, upacara budaya tahunan ini akan disertai perebutan apem berjumlah 1,5 ton bagi seluruh masyarakat pengunjung upacara adat tersebut.

Event ini merupakan penyelenggaraan yang ke 51 kalinya dalam rangka untuk memperingati dan mengapresiasi perjuangan Ki Ageng Wonolelo di masa silam.

Ketua Umum Panitia Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo, Wartono mengatakan bahwa diselenggarakannya upacara adat Saparan dan Kirab Pusaka Ki Ageng Wonolelo adalah untuk mendukung wisata budaya di Kabupaten Sleman pada khususnya dan di DIY pada umumnya.

Baca: Buah Bibirt : Selalu Bawa Makanan Kucing di Dalam Tas

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH, M.Hum menuturkan upacara budaya ini merupakan bagian untuk nguri-uri budaya serta mengingatkan kembali bagi generasi muda agar mau mempelajari dan memahami sejarah serta budayanya.

"Kita ingin mengajak generasi muda untuk menggali dan lebih memahami nilai-nilai seni budaya yang adiluhung dan memberikan wahana bagi pertumbuhan kesenian rakyat serta menumbuhkan rasa handarbeni dan kecintaan terhadap seni budaya bangsa sendiri," katanya.

Dalam agendanya upacara ini akan dimulai pada, Jumat (19/10/2018) jam 10.00 Wib dengan pementasan kesenian jathilan.

Jam 14.00 WIB dilanjutkan dengan puncak Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo yang berupa kirab pusaka, kirab gunungan apem, kirab keprajuritan, dan penyebaran 1,5 ton apem.

Sedangkan untuk malam harinya mulai jam 20.30 hingga 24.00 Wib dipentaskan dangdut di Panggung 1, dan wayang kulit di Panggung 3.

Baca: Bermain Judi di Pos Ronda, Empat Warga Notoyudan Diciduk Polisi

Sementara untuk hari Sabtu (20/10/2018) dari jam 20.30 – 24.00 Wib akan dipentaskan dangdut di Panggung 1, dan pertunjukan aneka tari dan kethoprak di Panggung 3.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved