Sleman

Dorong Kualitas Kopi, AEKI Gelar The Best Indonesian Coffee

Event yang telah diselenggarakan untuk yang ke-10 kalinya ini ada beberapa rangkaian yang akan diadakan.

Dorong Kualitas Kopi, AEKI Gelar The Best Indonesian Coffee
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Pembukaan Kontes Kopi Specialty Indonesia bertajuk The Best Indonesian Coffee yang diprakarsai oleh AEKI atau Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia di Kampung Jago, Filosofi Kopi, Sleman, DIY, Rabu (17/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Guna mendorong dan mengembangkan kopi-kopi spesial asli Indonesia, AEKI atau Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia kembali mengadakan event berjudul 'The Best Indonesian Coffee' di Filosofi Kopi, Sleman DIY, Rabu (17/10/2018).

Event tahunan ini, menurut Pranoto Sunarto, selaku Ketua Panitia mengatakan, memiliki misi untuk meningkatkan produksi serta kualitas kopi Indonesia di mata pasar internasional.

"Kita ingin petani kita dapat meningkat kesejahteraannya dengan cara meningkatkan kualitas serta daya saing sumber daya manusianya dalam produksi kopi," katanya saat ditanya Tribunjogja.com usai membuka acara.

Event yang telah diselenggarakan untuk yang ke-10 kalinya ini ada beberapa rangkaian yang akan diadakan.

Selain kontes kopi terbaik di Indonesia dari Arabica dan Robusta, seminar dan workshop terkait industri kopi juga akan diadakan.

Pranoto menambahkan, rangkaian acara laninnya yaitu terkait edukasi regulasi tentang ekspor kopi, kebijakan pemerintah terkait industri kopi dan kokoa, kelas roasting, talkshow hingga fun cupping competition dan lelang kopi.

"Nanti akan kita akhiri dengan coffee tour di daerah Sleman dan Jawa Tengah," lanjutnya.

Dalam acara Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI), ada rekor baru dari event tersebut.

Terkumpul sekira 367 jenis kopi yang mendaftar dan pihaknya kini telah mendapatkan sekira 10 jenis kopi terbaik dari tiga kelas yakni Arabica, Robusta dan Arabica/Robusta Natural.

"Ini adalah yang terbanyak dari event yang pernah kita lakukan, ini rekor, tahun sebelumnya hanya sekitar 200-an kopi tapi tahun ini meningkat," katanya.

Acara ini berlangsung mulai 17-19 Oktober 2018 mendatang di Kampung Jago, Filosofi Kopi, Sleman DIY dan diakhiri dengan Coffee Tour pada 20 Oktober di daerah Sleman dan Magelang. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved