Kota Yogya

Tiga Skenario Hasil Kajian Penutupan Lintasan Sebidang Lempuyangan

Tiga Skenario Hasil Kajian Penutupan Lintasan Sebidang Lempuyangan Yogyakarta.

Tiga Skenario Hasil Kajian Penutupan Lintasan Sebidang Lempuyangan
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Sejumlah pengendara menghentikan laju kendaraannya ketika sebuah kereta api melintas di perlintasan rel kereta api Lempuyangan, Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Kajian terkait penutupan lintasan sebidang di Lempuyangan mengerucut pada 3 skenario. Hal tersebut dijelaskan Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto.

"Skenario pertama, perlintasan ditutup. Arus lalu lintas masih sama seperti sekarang. Jalan Lempuyangan tetep mengarah ke timur satu arah," jelasnya, Jumat (12/10/2018).

Selanjutnya, Golkari menjelaskan untuk skenario kedua, Stasiun Lempuyangan akan digeser ke utara.

"Akses jalannya di pindah ke utara sementara Jalan Lempuyangan dibuat dua arah. Ini masih memerlukan beberapa rekayasa yang lain untuk beberapa simpang, misalkan pelebaran jalan juga normalisasi simpang," tambahnya.

Baca: Microbus Terguling ke Jurang, Satu Penumpang Tewas dan Tiga Luka Berat

Untuk skenario kedua ini,  jari-jari di Bundaran  Kridosono perlu dinormalisasi. Pasalnya area tersebut diperkirakan akan tetap padat sebagai imbas ditutupnya lintasan sebidang Lempuyangan.

"Karena orang cenderung mengarah ke Kridosono ketika lintasan sebidang ditutup. Ini akan memicu terjadinya peningkatan volume lalu lintas," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk skenario ketiga, dijelaskan Golkari secara garis besar mirip dengan skenario kedua. Namun di sini muncul wacana menambahkan akses naik menuju flyover dari arah timur ke utara.

"Diharapkan lalu lintas dari timur bisa langsung ke utara sehingga tidak crossing di daerah sekitar itu. Skenario ketiga ini dampaknya paling kecil, misalkan untuk arus lalu lintas di Jalan Yos Sudarso, Bausasran, hingga Simpang Brimob," bebernya. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved