Media Turki Bocorkan Foto-foto Intel Arab Diduga Terkait Hilangnya Wartawan Jamal Khasoggi

Surat kabar Turki merilis nama dan sebagian foto agen intelijen Arab Saudi yang diduga kuat terkait hilangnya Jamal Khasoggi

Media Turki Bocorkan Foto-foto Intel Arab Diduga Terkait Hilangnya Wartawan Jamal Khasoggi
The Guardian
Foto rekaman CCTV menunjukkan posisi terakhir wartawan Jamal Khasoggi (jas gelap) sebelum memasuki kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, sepekan lalu. Jamal tak pernah terlihat lagi keluar dari kantor konsulat tersebut. 

TRIBUNJOGJA.COM, ISTANBUL - Surat kabar Turki merilis nama dan sebagian foto agen intelijen Arab Saudi yang diduga kuat terkait hilangnya Jamal Khasoggi.

Jamal ini wartawan yang dikenal kerap mengritik tajam putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. Ia menghilang sesudah masuk ke kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, sepekan lalu.

Jamal saat itu hendak mengurus dokumen untuk kelengkapan pernikahan dengan pacarnya yang warga Turki. Pacarnya itu dilarang masuk konsulat, dan hanya menunggu di luar pintu.

Wartawan Skandal Korupsi Uni Eropa Dibunuh Secara Brutal

Sejak itulah Jamal Khasoggi tak pernah keluar konsulat, dan belum ditemukan hingga saat ini. Otoritas Turki sudah melakukan penyelidikan dan memastikan Jamal masuk konsulat dan tak pernah terlihat keluar lagi.

Pihak keamanan Turki mencurigai sejumlah kendaraan van berkaca gelap yang masuk dan keluar konsulat, ada kaitan dengan hilangnya Jamal.

Menurut koran Sabah yang merilis nama-nama dan foto intel Arab Saudi yang dicurigai, ada 15 sosok yang terdeteksi masuk ke Istanbul sebelum Jamal hilang.

Bergaya Hidup Barat, Selebgram Cantik Irak Ini Ditembak Mati di Mobil Porschenya

Menurut media The New Arab, salah seorang intel itu bernama Maher Abdulaziz M Mutreb. Ia dikenali sebagai salah seorang pejabat intelijen di bawah kontrol Pangeran Mohammed.

Sosok lain yang dipublikasikan adalah S Muhammaed A Tubaigy, Kepala Forensik di Departemen Keamanan Umum Saudi.

Pejabat hukum Turki menyatakan, Jamal tewas di dalam konsulat. Namun pihak Riyadh membantah dan menyebut tuduhan itu tidak berdasar.

Menurut koran Sabah, otoritas Turki menyelidiki dua pesawat jet pribadi yang mendarat di Istanbul sebelum Jamal hilang.

Halaman
12
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved