Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Ibu hamil harus jeli dalam mempersiapkan makanan. Cukup banyak jenis makanan yang mungkin tidak aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi 5 Jenis Makanan Ini
kompas.com
Ilustrasi ibu hamil 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi seorang ibu yang tengah hamil, mengonsumsi beragam varian makanan untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh bayi adalah hal yang wajib dilakukan.

Namun, ibu hamil juga perlu jeli dalam mempersiapkan makanan. Karena, cukup banyak jenis makanan yang mungkin tidak aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya, adalah makanan mentah.

Beberapa makanan mentah atau setengah matang, seperti telur, steak, atau sushi memang enak untuk dikonsumsi. Namun jika dikonsumsi oleh ibu hamil, makanan tersebut justru dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir prematur.

Saat hamil, sistem imun atau daya tahan tubuh ibu hamil cenderung menurun. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi justru membuat sistem imun semakin menurun.

Makanan mentah, atau yang tidak dimasak hingga matang, kemungkinan besar mengandung bakteri atau zat-zat yang berbahaya bagi kehamilan.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini adalah beberapa makanan mentah yang disarankan untuk dihindari bagi ibu hamil.

Telur ayam
Telur ayam ()

1. Telur

Kandungan protein yang terdapat di dalam telur sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Namun, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang, telur akan memberikan efek negatif bagi ibu hamil, khususnya bagi janin.

Telur mengandung bakteri salmonella yang menjadi pemicu munculnya rasa mual, muntah, diare, demam, dan kram perut pada ibu hamil.

Dalam beberapa kasus, bila mengonsumsi telur mentah atau setengah matang juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

Daging sapi, kambing, dan daging ayam
Daging sapi, kambing, dan daging ayam ()
Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved