Kota Yogya

Atasi Debit Air, PDAM Sarankan Warga Gunakan Ground Water

Atasi Debit Air, PDAM Sarankan Warga Gunakan Ground Water untuk Menampung Air Bersih.

Atasi Debit Air, PDAM Sarankan Warga Gunakan Ground Water
PDAM 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Utama PDAM Tirtamarta Dwi Agus Triwidodo menjamin ketersediaan air selama musim kemarau yang panjang pada tahun ini tetap aman.

Ia mengakui, memang ada penurunan debit air sebsar sebesar 7-10 liter per detik dari jumlah 550 liter per detik.

"Fluktuasi debit air untuk di Kota Yogya segitu. Itu selama 7 bulan berlangsung dari April lalu hingga saat ini," bebernya, ketika memberikan pemaparan kepada Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Yogyakarta saat berkunjung ke Kantor PDAM Tirtamarta, Kamis (4/10/2018).

Ia menjelaskan, dengan air yang berasal dari sumur dalam dan sebagian berasal dari mata air salah satu umbul di DIY, pihaknya bisa memberikan pelayanan ke sekitar 32 ribu pelanggan PDAM di Kota Yogyakarta.

Selain itu, pihaknya juga telah membangun 3 reservoar di Bener, Pengok, dan Kotagede untuk melayani kebutuhan air di sekitar sana.

Baca: Sudah 2 Musim Kemarau, Air Sumur di Gedongtengen Tak Dapat Disedot

"Memang ketika jam puncak, yakni pada pagi hari pukul 05.00 hingga 07.30 serta sore pukul 16.00-19.00 aliran air kecil. Itu karena pada jam tersebut masyarakat menggunakan air secara bersamaan," bebernya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Agus mengimbau warga untuk menggunakan tandon bawah atau ground water yang berfungsi untuk menampung air.

"Sehingga nantinya penggunaan air, tidak dilakukan dalam waktu puncak itu tadi karena telah memiliki stok air dalam ground water," bebernya.

Ia menjelaskan, sumur dalam atau air baku yang dimiliki PDAM tidak terpengaruh musim. Sekalipun musim hujan, dampaknya tidak akan langsung terasa dan butuh waktu 1 bulan setelah musim hujan untuk merasakan pertambahan debit air. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved