Yogyakarta

Pemda DIY Bakal Perluas Akses Internet ke Destinasi Wisata

Untuk mendukung target seluruh desa memiliki akses internet gratis, pada tahun 2019 Pemda DIY akan membuat akses internet di daerah destinasi wisata.

internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk mendukung target seluruh desa memiliki akses internet gratis, pada tahun 2019 Pemda DIY akan membuat akses internet di daerah destinasi wisata.

Sejumlah destinasi wisata di DIY, meskipun di daerah terpencil pun akan diberikan akses internet untuk semakin mendukung kemajuan pariwisata.

Baca: 438 Desa di DIY Ditargetkan Bisa Akses Internet Gratis Tahun 2020

Sejauh ini, pihaknya pun sudah mengembangkan destinasi wisata dengan akses internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) DIY, Rony Primanto mencontohkan, hal ini dilakukan di kawasan Tebing Breksi, Sleman, Kotagede, Imogiri, dan juga kawasan pedestrian Malioboro dari ujung utara hingga selatan berupa wifi gratis.

“Kalau sampai saat ini, kami sudah membangun 112 akses internet gratis di desa wisata yang ada di DIY. Kami sifatnya membantu program dari Dinas Pariwisata,” paparnya pada Tribunjogja.com.

Untuk tahun depan beberapa destinasi wisata unggulan juga akan mendapatkan wifi gratis, seperti di Gunung Api Purba Nglanggeran dan juga Mangunan, Imogiri, Bantul.

Beberapa wilayah pantai yang kerap blank sinyal pun akan mendapatkan akses wifi gratis ini.

“Ada 20 titik desa wisata yang akan kami pasang akses internetnya,” jelasnya.

Sejumlah kendala selama ini yang dihadapi oleh Pemkab dalam pengembangan akses internet gratis ini di antaranya adalah medan yang sulit.

Khusus untuk kawasan Nglanggeran saat ini didukung dengan BTS yang berdiri di sekitar Patuk.

Halaman
12
Penulis: Agung Ismiyanto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved