Sleman

Dukung Ekonomi Rakyat, PT TWC Serahkan Dana Kemitraan Bagi UKM

Dukung Ekonomi Rakyat, PT TWC Serahkan Dana Kemitraan Bagi UKM di sekitar candi

Dukung Ekonomi Rakyat, PT TWC Serahkan Dana Kemitraan Bagi UKM
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Edy Setijono, Dirut PT TWC secara simbolis menyerahkan dana program kemitraan di Candi Boko Resto, Senin (1/10/2018) kepada Tri Yanto warga Klaten yang menjadi satu diantara pengusaha mitra binaan TWC yang berkonsentrasi pada ternak. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan dan Ratu Boko menyalurkan dana kemitraan di Candi Boko Resto, Senin (1/10/2018).

Penyaluran dana kemitraan tersebut diberikan kepada 19 mitra binaan yang terbagi dari beberapa wilayah di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Edy Setijono, Direktur Utama PT TWC menuturkan penyaluran dana kemitraan di bawah Progran Kemitraan dan Bina Lingkungan ini menjadi upaya BUMN untuk memajukan perekonomian kerakyatan lokal.

"Kita ingin program ini membantu mengembangkan industri kerakyatan, industri rumahan dan harapan kita akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar lingkungan TWC," katanya.

Baca: Saatnya Membangun Kawasan Wisata Penyangga di Yogyakarta

Dalam penyaluran tersebut, dana sebesar Rp 527juta diberikan kepada mitra binaan yang meliputi berbagai sektor usaha, mulai dari peternakan, perdagangan, warung, kios, home industry, jasa perbengkelan, konstruksi dan jenis usaha lainnya.

Sementara itu, dengan adanya program tersebut pihaknya juga ingin meringankan beban para pengusaha lokal dalam hal permodalan.

Hal ini, lanjut Edy, sejalan dengan arahan menteri BUMN terkait penyaluran program kemitraan yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan usaha kecil masyarakat sekitar.

Edy Setijono, Dirut PT TWC secara simbolis menyerahkan dana program kemitraan di Candi Boko Resto, Senin (1/10/2018) kepada Tri Yanto warga Klaten yang menjadi satu di antara pengusaha mitra binaan TWC yang berkonsentrasi pada ternak.
Edy Setijono, Dirut PT TWC secara simbolis menyerahkan dana program kemitraan di Candi Boko Resto, Senin (1/10/2018) kepada Tri Yanto warga Klaten yang menjadi satu di antara pengusaha mitra binaan TWC yang berkonsentrasi pada ternak. (Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho)

Beberapa bukti suksesnya mitra binaan yang mengikuti program ini pun telah banyak dicetak dengan berkembang pesatnya usaha kecil menengah. 

Hal ini juga tak luput dari program pendampingan berkelanjutan yang dilakukan oleh PT TWC kepada mitra binaan.

"Orientasi program kemitraan ini bukan untuk mencari untung bagi TWC tapi peningkatan produktivitas usaha, kita akan fokus mengembangkan bisnis masyarakat," pungkasnya.

Baca: Pemkab Gunungkidul Akan Tinjau Lokasi Penemuan Sumber Air di Purwosari

Selain itu, Tri Yanto salah satu mitra binaan TWC menuturkan melalui program ini dirinya dapat mengembangkan bisnisnya yang berkonsentrasi pada usaha ternak domba.

Ia mengaku sejak memperoleh suntikan dana kemitraan dan mengikuti program pendampingan yang dilakukan oleh TWC, bisnisnya berkembang cukup signifikan.

"Sebelum ada program ini paling hanya nampu ternak 1-5 ekor saja tapi setelah ada program ini jadi bisa mencapai 50 ekor, rencananya dana kemitraan selanjutnya ini akan saya belikan konsentrat untuk proses penggemukan ternak kami," kata Tri. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved