Breaking News:

Berita Magelang

Festival Kopi Magelang - Menyeruput Seribu Cangkir Kopi Asli Banjarsari

antusias menyaksikan puluhan gunungan kopi diarak, dan menikmati seribu kopi asli Magelang di Festival Kopi Magelang

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Yoseph Hary W
Tribunjogja/Rendika Ferri K
Ribuan masyarakat campur baur berkumpul di kawasan perkebunan kopi di Dusun Mejing, Desa Banjarsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, dalam Festival Kopi Magelang, Sabtu (29/9/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ribuan masyarakat campur baur berkumpul di kawasan perkebunan kopi di Dusun Mejing, Desa Banjarsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Sabtu (29/9/2018). Mereka tampak antusias menyaksikan puluhan gunungan kopi diarak, dan menikmati seribu kopi asli Magelang di Festival Kopi Magelang.

Ketua Panitia Festival Kopi Magelang, Asfuri, mengatakan, acara ini bertujuan untuk mengangkat potensi kopi asli Banjarsari Magelang.

Khususnya yang ada di Kecamatan Grabag dan Kabupaten Magelang pada umumnya, sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat di penjuru nusantara.

Baca: Bercitarasa Unik, Kopi Merapi Berpotensi Jadi Produk Ekspor

Baca: Dinas Pertanian Sleman Wacanakan Perluasan Lahan Kopi di Lereng Merapi

"Tema yang kami angkat adalah 'Kopi Magelang Untuk Indonesia' dengan harapan kopi di magelang dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia, baik kualitas kopinya, keindahan alamnya, di perkebunan kopi seperti yang ada di Desa Banjarsari ini," ujar Sabtu (30/9/2018).

Acara Festival Kopi Magelang dimulai dengan arak-arakan belasan gunungan yang terbuat dari buah dan biji kopi.

Gunungan kopi itu diangkat oleh warga desa dan diarak dari dusun-dusun yang ada di Desa Banjarsari, diiringi tari ritual oleh seniman.

Di lokasi acara yang terletak di hamparan kebun kopi di atas bukit desa puluhan tungku telah dinyalakan.

Di atas tungku, sudah terdapat wajan beserta kopi yang siap untuk disangrai. Aroma kopi tampak tercium begitu kentara.

Ribuan masyarakat tampak memenuhi lokasi acara. Mereka datang tak hanya dari Kabupaten Magelang tetapi juga dari luar daerah.

Bersama-sama memulai acara, ribuan masyarakat mengangkat seribu kopi yang telah dibagikan, menyerutup kopi asli Desa Banjarsari tersebut.

Menikmati kopi di kawasan perkebunan kopi di Dusun Mejing, Desa Banjarsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Sabtu (29/9/2018)
Menikmati kopi di kawasan perkebunan kopi di Dusun Mejing, Desa Banjarsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Sabtu (29/9/2018) (Tribunjogja/Rendika Ferri K)

Baca: Malioboro Night Coffee, 26.200 Cup Kopi Gratis akan Dibagikan di Malioboro

Baca: Tidak Harus Diminum, Pria Ini Ciptakan Cara Lain Menikmati Kopi

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Wijayanti, mengatakan, pihaknya terus berupaya mencari solusi untuk mengembangan produk kopi dari Kabupaten Magelang yang berdaya saing dengan menerapkan konsep pendekatan delapan pilar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved