Cegah Politik Uang Jelang Pemilu, Desa Candibinangun Jadi Pilot Project APU

deklarasi terkait dijadikannya Desa Candibinangun sebagai pilot project Desa Anti Politik Uang (APU) di DIY

Cegah Politik Uang Jelang Pemilu, Desa Candibinangun Jadi Pilot Project APU
tribunjogja/rid
Deklarasi Desa Anti Politik Uang (APU) di Lapangan Desa Candibinangun, Minggu (30/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Ratusan orang memadati lapangan Desa Candibinangun, Pakem, Sleman tadi pagi, Minggu (30/9).

Mereka mengikuti deklarasi terkait dijadikannya Desa Candibinangun sebagai pilot project Desa Anti Politik Uang (APU) di DIY.

Tak hanya warga setempat, tampak pula pengawas pemilu se-DIY mulai dari tingkat Kelurahan/Desa hingga provinsi, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman serta stakeholder terkait, termasuk perwakilan Partai Politik (Parpol) se-Kabupaten Sleman selaku peserta Pemilihan Umum (Pemilu).

Baca: KPU DIY : Pelaporan Dana Kampanye Melalui 3 Tahap

Baca: Cegah Benturan, KPU DIY Atur Jadwal Kampanye Seluruh Peserta Pemilu

Bukan tanpa alasan, ratusan orang tersebut tengah mengikuti deklarasi terkait dijadikannya Desa Candibinangun sebagai pilot project Desa Anti Politik Uang (APU) di DIY.

Hal tersebut karena saat ini mulai memasuki masa kampanye Pemilu 2019, dan mencegah politik uang masuk melalui Desa-desa.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Abhan, SH mengatakan, bahwa pihaknya diberi tugas dan kewenangan dalam aspek pengawasan Pemilu, di mana salah satunya berupa tugas terkait pencegahan pelanggaran Pemilu.

Lanjutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melibatkan partisipasi masyarakat, sebagaimana diamanatkan Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Lebih lanjut, pihaknya menilai jika saat ini politik uang merupakan salah satu ancaman bagi demokrasi pemilih ketika Pemilu.

Karenanya, pihaknya mengajak semua pihak khususnya masyarakat untuk melawan secara bersama-sama praktik antidemokrasi tersebut.

"Politik uang adalah momok demokrasi yang harus dilawan bersama. Karena itu Bawaslu DIY menggagas Desa Candibinangun sebagai pilot project Desa APU.

Ini juga sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pencegahan pelanggaran Pemilu, khususny praktik politik uang," katanya.

Baca: Bawaslu Waspadai Money Politics, Kulonprogo dan Gunungkidul Jadi Perhatian

Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono menuturkan, dalam praktik pemilihan selama ini, isu politik uang seperti janji-janji ataupun pemberian uang maupun barang kepada pemilih dan penyelenggara banyak terjadi di level masyarakat terbawah.

Baik itu di level kampung, dusun, maupun desa atau kelurahan. Karenanya, sudah saatnya warga di level terbawah diberdayakan dan dilibatkan aktif dalam perjuangan menolak dan melawan politik uang dalam proses Pemilu.

"Tanpa pelibatan aktif masyarakat, maka perjuangan menolak dan melawan politik uang akan lebih sulit," ucapya.(rid/tribunjogja)

Penulis: rid
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved