Kota Yogya

KPU Kota Yogya Umumkan Hasil Perbaikan LADK

Sebanyak 16 partai politik bisa melenggang ke tahap selanjutnya karena telah memenuhi persyaratan terkait penyertaan LADK.

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Gaya Lufityanti
Ist
logo KPU 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU Kota Yogyakarta telah mengumumkan hasil perbaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) partai politik peserta Pemilu 2019, Jumat (28/9/2018).

Sebanyak 16 partai politik bisa melenggang ke tahap selanjutnya karena telah memenuhi persyaratan terkait penyertaan LADK.

Baca: Tak Laporkan Perbaikan LADK, Hanura Tak Bisa Jadi Pelaksana Kampanye Tingkat Kabupaten Magelang

Pelaksana Tugas (PLT) Ketua KPU Kota Yogyakarta Sri Surani menjelaskan bahwa dari 16 parpol, terdapat 15 parpol yang melakukan perbaikan dan 1 parpol yang tidak melakukan perbaikan karena telah sesuai dengan ketentuan.

"Untuk LADK, paling kecil adalah Rp 100 ribu untuk 6 parpol. Sementara yang paling banyak sebesar Rp 47 juta yakni PKS. Sebagian besar sumber dana tersebut berasal dari lembaga," ungkapnya pada Tribunjogja.com, Jumat (28/9/2018).

Rani menjelaskan rata-rata mereka melaporkan rekening yang digunakan untuk dana kampanye.

Kebanyakan membuka rekening baru, dan beberapa lainnya menggunakan rekening lama atau yang juga digunakan saat Pemilu 2014.

"Boleh menggunakan rekening yang lama. Asal syaratnya menyertakan laporan keuangan selama ini ke KPU. Jadi bisa tahu saldo awalnya ada berapa," ucapnya.

Adapun beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh parpol rata-rata adalah benerapa caleg yang kurang melampirkan NPWP, penulisan periodesasi salah, pencantuman tanggal pembukaan rekening berbeda dengan buku tabungan bank, dan sebagainya.

Baca: 15 Parpol dan 2 Tim Kampanye Capres di Kota Magelang Tertib Serahkan LADK

"Karena ini menggunakan aplikasi, ada juga yang salah convert saldonya. Hasil perbaikan ini akan kita umumkan di publik pada 28 September 2018 mendatang," ucapnya.

Tahap selanjutnya, ia menuturkan bahwa pada awal tahun 2019 tepatnya 2 Januari 2019, parpol wajib menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

"Kami setelah ini akan melakukan koordinasi dan menyampaikan LADK ke KPU DIY. Lalu Januari, mereka menyerahkan LPSDK," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved