Yogyakarta

Jokowi : Masyarakat di Kawasan Hutan Harus Hidup Makmur

Sejauh ini KPH telah berhasil mengembangkan potensi-potensi tersebut dengan mengajak rakyat untuk mengelola potensi dari hutan.

Jokowi : Masyarakat di Kawasan Hutan Harus Hidup Makmur
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
Presiden RI, Joko Widodo bersalaman dan berfoto bersama warga saat pembukaan Festival KPH Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan di Mangunan, Bantul, Jumat (28/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memiliki harapan bahwa masyarakat yang hidup di kawasan hutan atau di sekitar hutan hidup makmur.

Harapan tersebut ia sampaikan saat pembukaan Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (Pusaka) 2018 di Hutan Pinus Mangunan, Jumat (28/9/2018) pagi.

Baca: Presiden Jokowi Sarapan Bareng Sri Sultan HB X di Kraton Yogyakarta, Menunya Jajanan Tradisional

"Gede sekali hutan kita ini. Tapi fakta yang ada, di negara kita yang hidup di sekitar hutan dan kawasan hutan justru miskin," kata Jokowi. "Ini yang harus kita perbaiki," sambungnya.

Dalam usaha tersebut Jokowi melalui menteri-menterinya, mewujudkan KPH untuk mengembangkan potensi-potensi dari hutan.

"Saya sampaikan agar bentuk kelompok-kelompok usaha di kawasan hutan," paparnya.

Dirinya menilai sejauh ini KPH telah berhasil mengembangkan potensi-potensi tersebut dengan mengajak rakyat untuk mengelola potensi dari hutan.

Namun ada hal yang menurutnya masih perlu dibenahi, yakni untuk semakin gencar melibatkan masyarakat dalam usaha dari potensi hutan ini.

"Saya lihat di pameran, semua bisa jadi sumber ekonomi. Ada ulat sutra, tapi hanya di beberapa titik. Padahal bisa di ribuan titik dikembangkan," ujarnya.

Begitu pula potensi lain seperti madu dan gondorukem yang juga dapat dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia.

Lanjutnya, perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat.

Halaman
123
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved