Cara Menagih Utang pada Saudara Sendiri Tanpa Menyinggung Perasaannya

Anda bisa saja melakukannya dengan cara paksa, tapi ada resiko yang harus diambil semisal hubungan persaudaraan menjadi renggang

Cara Menagih Utang pada Saudara Sendiri Tanpa Menyinggung Perasaannya
ist
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.com - Menagih utang memang gampang-gampang susah, terlebih jika yang berutang ternyata saudara kita sendiri. Apalagi jika orang itu terkesan lari dari tanggung jawab dengan cara selalu mengelak ketika ditagih. Anda bisa saja melakukannya dengan cara memaksa, tapi ada resiko yang harus diambil semisal hubungan persaudaraan menjadi renggang.

Nah kemudian timbul pertanyaan bagaimana caranya menagih utang kepada saudara sendiri tanpa menyinggung perasaannya ?

Berikut caranya sebagaimana dikutip dari kompas.com :

1. Tunjukkan Bukti

Berikan catatan piutang yang menjadi bukti peminjaman uang. Bisa berupa catatan di secarik kertas ataupun bukti transfer bank. Ini bisa bermanfaat ketika saudara Anda beralasan lupa telah meminjam uang.

2. Hadirkan saksi

Cari saudara lain yang menyaksikan dan mengetahui peristiwa peminjaman uang tersebut, untuk mendukung Anda saat menagih. Bisa saja orangtua sendiri, atau pasangan saudara Anda.

3. Lengkapi berkas pendukung

Jika alasan Anda menagih karena membutuhkan uang untuk membayar keperluan pribadi seperti biaya rumah sakit misalnya, maka ada baiknya sertakan juga daftar tagihan yang harus Anda bayarkan dengan menggunakan uang yang dipinjam itu.

4. To the point

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved