Kota Yogya

Warga Bener Relakan Tanah Senilai Rp 7 Miliar untuk Dukung Program Pembangunan Infrastruktur

Warga Bener Relakan Tanah Senilai Rp 7 Miliar untuk Dukung Program Pembangunan Infrastruktur

Warga Bener Relakan Tanah Senilai Rp 7 Miliar untuk Dukung Program Pembangunan Infrastruktur
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meresmikan proyek padat karya di Bener, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmiman proyek padat karya infrastruktur jalan cor blok di Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Rabu (26/9/2018).

Heroe menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung peningkatan infrastruktur di Bener.

Proyek tersebut merupakan perwujudan bersama antara masyarakat Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemda DIY.

Ia pun menjelaskan bahwa nantinya Bener saat ini sedang menunjukan geliat penataan lingkungannya sehingga dibutuhkan pengembangan infrastruktur untuk mendukungnya.

"Warga telah beramai-ramai membuat biopori jumbo untuk bisa menangkap air hujan. Warga juga mengusulkan tanah lapang di sini dibeli Pemkot agar bisa dijadikan embung," ungkapnya, Rabu (26/9/2018).

Baca: Cegah Rabies, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan

Pembangunan akses jalan tersebut, lanjutnya, akan menambah kesejahteraan masyarakat sekitar. Keberadaan jalan tersebut membuat warga lebih mudah melakukan aktifitas di sana, bagi yang memiliki usaha juga akan lebih berkembang, serta harga tanah di Bener juga bisa lebih tinggi.

"Padat karya di sini juga sebagai perwujudan Program Gandeng Gendong dalam penataan lingkungan. Tujuan padat karya ini agar uang ini dapat kembali ke masyarakat, yang mengerjakan proyek orang sini, atau minimal orang Kota Yogya. Jangan sampai malah membuat proyek tapi orang lain yang didatangkan ke Yogya karena padat karya ini untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat," urainya.

Ketua RW 7 Kelurahan Bener, Bambang Yuniarto menjelaskan bahwa jalan yang diberhasil dirampungkan oleh sekitar 50 warga tersebut memiliki lebar 3 meter dengan panjang 450 meter.

"Warga sangat mendukung pembangunan jalan ini bahkan mereka tidak meminta ganti rugi untuk lahan mereka yang digunakan untuk jalan. Kalau dihitung total keseluruhan yang direlakan warga untuk realisasi jalan ini sebesar Rp 7 miliar," tandasnya.(tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved