Pilpres 2019

Jokowi: Beda Pilihan Presiden Juga Tidak Apa-apa

"Tapi jangan yang namanya ukhuwah islamiah dan watoniyah kita dikorbankan. Rugi besar kita," tambah calon presiden petahana ini.

Editor: ribut raharjo
KOMPAS.com/ABBA GABRILIN
Dua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menghadiri deklarasi kampanye damai di Lapangan Silang Monas 

TRIBUNJOGJA.COM — Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan persaudaraan. Jangan sampai persatuan dan persaudaraan rusak karena pesta demokrasi lima tahunan.

"Enggak apa-apa kok berbeda pilihan. Berbeda pilihan dalam memilih wali kota, bupati, presiden juga boleh. Tidak ada yang melarang," kata Presiden Jokowi saat membuka Muktamar IX Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Persis) di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Baca : Ini Gaji Pemimpin Berbagai Negara di Dunia, Bagaimana dengan Jokowi?

"Tapi jangan yang namanya ukhuwah islamiah dan watoniyah kita dikorbankan. Rugi besar kita," tambah calon presiden petahana ini.

Jokowi mengatakan tak bosan-bosannya mengingatkan hal ini karena sudah melihat sendiri adanya sebagian masyarakat yang tak lagi saling bertegur sapa karena perbedaan pilihan politik.

Bahkan, ada yang sampai saat ini masih terus berseteru karena perbedaan pilihan di 2014 lalu, saat Jokowi bersama Jusuf Kalla berhadapan dengan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Sudah empat tahun pilpres masih dibawa sampai sekarang, ada," kata Jokowi.

Baca : Emil Dardak Ungkap Fakta tentang Kinerja Jokowi

Presiden Jokowi yang pada Pilpres 2019 akan kembali berkompetisi dengan Prabowo mengaku tidak mau hal tersebut terulang.

Siapa pun pemenang dari Pilpres 2019, Jokowi menegaskan bahwa persatuan antaranak bangsa harus tetap terjaga. (*)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Jokowi: Beda Pilihan Presiden Juga Boleh, Tak Ada yang Larang"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved