Awas! Pesan DM Twitter Anda Bisa Diintip Pihak Ketiga

Pesan personal yang dipertukarkan pengguna Twitter via fitur Direct Message (DM) terekspos ke pengembang pihak ketiga

Awas! Pesan DM Twitter Anda Bisa Diintip Pihak Ketiga
Twitter 

TRIBUNJOGJA.COM - Pesan personal yang dipertukarkan pengguna Twitter via fitur Direct Message (DM) terekspos ke pengembang pihak ketiga yang tak berhak mengakesnya. Hal ini disebabkan bug yang tersemat pada layanan mikroblog tersebut.

Twitter sendiri yang menginformasikannya ke pengguna pada akhir pekan lalu. Hingga kini layanan bernuansa biru itu masih terus menyelidiki awal mula, serta skala dampaknya ke pengguna.

“Masalah ini telah berlangsung sejak Mei 2017, tetapi kami segera menyelesaikannya kala itu,” kata perwakilan Twitter.

“Investigasi atas masalah ini sedang berlangsung. Hingga kini kami tidak menemukan adanya penyalahgunaan data yang terkirim ke pengembang,” Twitter menambahkan.

Meski sudah pernah teridentifikasi pada Mei 2017 dan segera diperbaiki, bug serupa kembali muncul pada 10 September 2018.

Twitter pun berupaya memberantasnya secara permanen. Layanan yang dinakhkodai Jack Dorsey ini akan menghubungi para pengguna yang menjadi korban bug DM, baik melalui aplikasi maupun situs.

Dihimpun dari Ubergizmo, Senin (24/9/2018), Twitter mengatakan pengguna yang berisiko terkena dampak adalah mereka yang berhubungan via DM dengan akun brand. Misalnya saja yang saling bertukar pesan dengan admin Twitter akun maskapai penerbangan, atau jasa dan produk lainnya.

“Hanya pada satu keadaan teknis masalah ini bisa terjadi,” ujar perwakilan Twitter.

Dengan begitu, bagi Anda yang tak pernah berhubungan dengan brand dan menggunakan DM untuk berkomunikasi dengan teman, tak perlu khawatir soal bug DM. (Fatimah Kartini Bohang)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bug Twitter Bikin Pesan DM Bisa Dibaca Orang Ketiga"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved