Empat Tipe Kepribadian Baru, Anda Termasuk yang Mana?

Nature Human Behaviour menyatakan bahwa ada empat tipe kepribadian baru yang dimiliki manusia, yaitu rata-rata, pendiam, panutan, dan egois.

Empat Tipe Kepribadian Baru, Anda Termasuk yang Mana?
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Nature Human Behaviour menyatakan bahwa ada empat tipe kepribadian baru yang dimiliki manusia, yaitu rata-rata, pendiam, panutan, dan egois.

Para ilmuwan dari Northwestern’s McCormick School of Engineering, menguji data dari 1,5 juta partisipan yang telah mengisi kuesioner terkait lima sifat kepribadian dasar atau “Big Five” yang selama ini diterima menjadi indikator utama kepribadian.

Data tersebut meliputi neuroticism (stabilitas emosi), extraversion (ekstraversi), openness (keterbukaan), agreeableness (mudah bersepakat), serta conscientiousness (sifat berhati-hati).

Namun, saat meneliti data, mereka melihat bahwa orang-orang kebanyakan menempati empat bidang berbeda yang menjadi tipe kepribadian baru.

Tipe Kepribadian Baru

Para ilmuwan mengelompokkan partisipan ke empat kepribadian baru tersebut berdasarkan ciri “Big Five” tadi.

“Setiap orang memilisi variasi dari Big Five, sebab kepribadian tidak bersifat kategoris, melainkan dimensional,” kata Jonathan Adles, profesor psikologi di Olin College of Engineering.

Agar lebih jelas, berikut empat tipe kepribadian baru yang ditemukan peneliti:

Average (rata-rata):
Pemilik tipe kepribadian ini biasanya memiliki neuroticism (stabilitas emosi) dan extraversion (ekstraversi) yang tinggi. Namun, ia memiliki openness (keterbukaan) yang rendah.

Reserved (pendiam):
Orang-orang di tipe kepribadian ini kurang terbuka pada orang lain namun memiliki emosi yang stabil. Biasanya mereka cenderung introver, ramah, dan teliti.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved