Yogyakarta

Masuki Musim Pancaroba, BMKG Himbau Masyarakat Waspada

Masyarakat perlu mewaspadai adanya angin kencang, hujan tiba-tiba durasi pendek dan disertai petir.

Masuki Musim Pancaroba, BMKG Himbau Masyarakat Waspada
Logo BMKG 

TRIBUNJOGJA.COM - Memasuki musim pancaroba, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Sleman mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati.

Agus Sudaryatno selaku Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mlati mengungkapkan jika di musim pancaroba ini, merupakan awal masuk musim penghujan, yang mana sudah mulai ada hujan, namun hanya bersifat sporadis dan dengan durasi yang pendek.

Baca: Musim Pancaroba, Kekeringan di Bantul Meluas, Droping Air Meningkat

"Sebelum masuk awal musim penghujan, didahului musim pancaroba, yang mana sudah mulai ada hujan. Hanya saja sifatnya sporadis dan durasinya pendek. Kalau intensitas bisa tinggi bisa hanya rendah," terangnya pada Tribunjogja.com.

Agus mengungkapkan, untuk mengantisipasi hal tersebut, masyarakat perlu mewaspadai adanya angin kencang, hujan tiba-tiba durasi pendek dan disertai petir.

"Himbauan bagi masyarakat, kalau sudah di tengah jalan jangan berteduh di bawah pohon, karena bawah pohon itu kalau angin kencang bisa tumbang, kalau petir dia bisa jadi rambatan. Himbauan bagi Pemda, khususnya yang wilayahnya berada di dataran rendah agar bjsa membersihkan selokan untuk mengantisipasi banjir," katanya.

Selain itu, untuk masyarakat yang wilayahnya berada di lereng juga harus mewaspadai adanya longsor.

Seperti halnya masyarakat yang berada di Gunungkidul, Kulonprogo maupun Sleman bagian Utara.

Baca: Musim Penghujan di Wilayah DIY Diperkirakan Mulai Bulan November, Ini Prakiraan BMKG Yogyakarta

"Kalau hujannya deras, rawan longsor. Kalau sekarang memang belum, nanti kalau terjadi hujan yang deras. Karena kalau musim kemarau dan hujan tanah kering diguyur hujan yang deras akan rawan longsor di retakan tanahnya," katanya.

Sedangkan musim penghujan, Agus mengatakan diperkirakan akan jatuh pada awal November atau bisa maju di akhir Oktober. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved