Rusia Resmi Kecam Israel Terkait Jatuhnya Ilyushin-20 di Perairan Suriah

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengecam Israel terkait serangan dan insiden lenyapnya pesawat intai Ilyushin 20

IST
Pesawat Ilyushin Il-20 buatan Rusia 

TRIBUNJOGJA.COM, MOSKOW - Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengecam keras Israel terkait serangan dan insiden lenyapnya pesawat intai Ilyushin 20 berikut 14 awaknya, Senin malam (17/9/2018) waktu Damaskus.

Shoigu langsung menelepon Menlu Israel Avigdor Lieberman guna menyatakan sikap resmi pemerintah Rusia terhadap Tel Aviv.

Pesawat Il-20 milik Rusia itu hilang berbarengan serangan udara yang dilancarkan militer Israel ke beberapa lokasi di kota pesisir Latakia dan Tartus.

Serangan rudal juga terdeteksi Rusia dilakukan militer Prancis lewat kapal frigat mereka di Laut Tengah. Selain dua kota itu, gempuran diarahkan ke kota Homs dan Hama.

Pesawat Rusia yang Hilang Ternyata Tak Sengaja Ditembak Suriah

Menurut Shoigu, serangan Israel membuat pesawat Il-20 itu dalam posisi terjebak di tengah pertempuran, karena sistem pertahanan udara Suriah merespon serangan Israel dan Prancis.

Akhirnya pesawat itu tak sengaja terkena tembakan artileri dan roket pertahanan udara Suriah. Israel mengaku sudah memberikan notifikasi ke Moskow satu menit sebelum serangan dilakukan.

Namun peringatan itu tidak memberi waktu cukup bagi Rusia mengarahkan pesawat intainya itu keluar dari zona aman. Pesawat nahas itu diduga jatuh di lepas pantai Latakia.

Israel mengerahkan jet-jet tempur F-16 guna menghancurkan target yang mereka klaim kargo persenjataan dari Iran yang masuk ke Suriah.

"Aksi militer Israel itu gagal menjaga hubungan baik Rusia dan Israel. Karena itu kami menggunakan hak kami untuk menanggapinya," kata Shoigu dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah dan militer Israel belum memberikan tanggapan atas kecaman Moskow ini. Sedangkan Prancis menolak tuduhan terlibat dalam aksi militer ke Suriah ini.

Halaman
12
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved