Bandara NYIA Kulonprogo

Bupati Kulonprogo Minta PLN Bikin Jaringan Baru di Timur Lahan Bandara NYIA

Pemkab Kulonprogo minta jaringan listrik yang melintang di area lahan pembangunan landasan pacu bandara Temon bisa diputus pada awal Oktober.

Bupati Kulonprogo Minta PLN Bikin Jaringan Baru di Timur Lahan Bandara NYIA
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo meminta jaringan listrik yang melintang di area lahan pembangunan landasan pacu bandara baru di Temon bisa diputus pada awal Oktober nanti.

Sementara ini, PLN diminta membuat jaringan baru ke sisi timur luar area proyek terlebih dulu agar aliran listrik tak terputus.

Baca: DPRD Kulonprogo Pertanyakan Kinerja Tim Saber Pungli

Hal itu disampaikan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menyikapi permasalahan jaringan listrik untuk kawasan wisata Pantai Glagah yang akan diputus lantaran terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Menurutnya, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan PLN dan Angkasa Pura I (AP I) serta sudah diputuskan bahwa jaringan baru akan dibikin di sisi timur area proyek.

Jaringan itu akan digunakan untuk mengaliri listrik bagi kebutuhan para pelaku wisata di sekitar laguna pantai tersebut.

"Jadi, listrik tidak mati. Saya kasih waktu sampai 30 September (mempersiapkan jaringan baru) dan pada 1 Oktober tiang listrik di dalam (area bandara) bisa dirobohkan," kata Hasto pada Tribunjogja.com, Senin (17/9/2018).

Ada sekitar 10 buah tiang listrik yang terdapat di dalam area lahan pembangunan bandara itu dan harus segera diputus.

Hanya saja, jaringan itu juga mengalirkan pasokan listrik bagi para pelaku wisata di kawasan Pantai Glagah.

Rencana itu sempat menuai protes dari para pedagang kuliner dan pemilik penginapan di kawasan laguna wisata pantai tersebut.

Pemkab lalu berkoordinasi dengan PLN dan AP I hingga tiga kali sebelum tercapai keputusan pemindahan jaringan ke sisi timur.

Halaman
123
Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved