Yogyakarta

Bawaslu DIY Sosialisasikan Cara Pengajuan Permohonan Sengketa Pemilu

Sesuai dengan ketentuan, pemohon harus didampingi oleh ketua umum partai atau sekretaris partai.

Bawaslu DIY Sosialisasikan Cara Pengajuan Permohonan Sengketa Pemilu
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Bawaslu DIY menggelar sosialisasi pengajuan sengketa pemilu kepada partai politik peserta Pemilu 2019. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bawaslu DIY menggelar sosialisasi penanganan sengketa Pemilu untuk peserta Partai Politik, di Hotel Forriz Yogyakarta, Kamis (13/9/2018).

Kordiv Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu DIY, Sri R Werdiningsih menjelaskan tujuan digelarnya acara tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada partai politik terkait ketentuan pengajuan permohonan sengketa hingga alur yang nantinya harus dilalui.

Baca: Lakukan Pengecekan, Bawaslu Sleman Temukan 9.640 Pemilih Ganda

"Hari ini kita sampaikan agar mereka paham. Legal standingnya tertentu. Caleg bisa mengajukan sengketa tapi tidak bisa mengajukan sendiri, tapi harus melalui Parpol," ujar wanita yang biasa disapa Cici tersebut.

Ia menuturkan, biasanya yang mengajukan sengketa adalah mereka yang tidak masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) atau Daftar Calon Tetap (DCT).

Cici pun menyampaikan, bahwa sesuai dengan ketentuan, pemohon harus didampingi oleh ketua umum partai atau sekretaris partai.

"Kalau di tingkat pusat, maka ketua umum atau sekjend partai di pusat, kalau tingkat provinsi ketua atau sekretaris parpol tingkat DIY, dan kalau tingkat kota/kabupaten maka ketua atau sekretaris parpol tingkat kota/kabupaten," bebernya.

Cici menambahkan, berbeda dari aturan pada Pemilu sebelumnya, untuk Pemilu 2019 ini sengketa pemilu wajib diajukan paling lambat 3 hari kerja setelah adanya Surat Keputusan (SK) dari KPU dan sengketa diproses paling lama 12 hari kerja sejak permohonan diregister.

"Bedanya di jangka waktunya. Kalau dulu mengacu pada 3 hari kalender dan 12 hari kalender, sekarang semua berdasarkan hari kerja," ungkapnya.

Setelah permohonan sengekta tersebut masuk, lanjutnya, pihak Bawaslu akan melakukan verifikasi informil dan materiil, melakukan cek kelengkapan, penjadwala  pemanggilan mediasi.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved