Sleman

Musim Kemarau, Ratusan KK di Kecamatan Prambanan Butuh Bantuan Air Bersih

Keberadaan organisasi pengelola dan pemakai air (OPPA) di Kecamatan Prambanan ternyata belum dapat menjangkau seluruh Kepala Keluarga.

Musim Kemarau, Ratusan KK di Kecamatan Prambanan Butuh Bantuan Air Bersih
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Keberadaan organisasi pengelola dan pemakai air (OPPA) di Kecamatan Prambanan ternyata belum dapat menjangkau seluruh Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Prambanan, Sleman.

Bahkan, karena hal itu membuat ratusan KK di Kecamatan tersebut masih menggantungkan bantuan air bersih untuk kelangsungan hidupnya.

Baca: Sekarang Beli Tiket Masuk Candi Prambanan Bisa Pakai Aplikasi TWC Mobile

Camat Prambanan, Eko Suhargono mengatakan, bahwa belum terjangkaunya jaringan OPPA karena ada sekitar 300-350 KK yang bertempat tinggal di daerah tersebut antara lain Desa Gayamharjo, Wukirharjo, Sambirejo, dan Sumberharjo.

Di mana daerah tersebut notabenenya daerah perbukitan, dan karena itulah membuat ratusan KK di daerah tersebut masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya telah mengupayakan pembangunan jaringan air bersih ke sejumlah daerah tersebut agar masalah kekurangan air saat musim kemarau teratasi.

Menurutnya, untuk menjangkau daerah tersebut pihaknya membutuhkan bak resevoir dan pompa pendorong guna mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi.

"Tetapi untuk itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya sampai sekarang memang masih membutuhkan (Dropping air bersih)," kata dia pada Tribunjogja.com, Selasa (11/9/2018).

Lebih lanjut, kebutuhan air bersih untuk ratusan KK yang belum terjangkau jaringan OPPA sekitar 25 tangki perpekannya.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat musim kemarau ini, ratusan KK tersebut masih mengandalkan bantuan air bersih dari luar.

Diakuinya, bahwa dari Badan Pengulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman masih melakukan droping air.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved