Yogyakarta

KAI Targetkan 399 Juta Penumpang pada 2018

Target realisasi tersebut, naik sebanyak lima juta penumpang dibandingkan realisasi pada 2017 lalu yang ada di angka 394 juta penumpang.

TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro (tengah) memberikan cinderamata kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X usai acara rangkaian peringatan HUT KAI ke-73, Senin (10/9/2018) di Bangsal Kepatihan. 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro mengatakan bahwa, pihaknya menargetkan akan merealisasikan 399 juta penumpang yang akan diangkut lewat armada tersebut hingga akhir 2018 ini.

Target realisasi tersebut, naik sebanyak lima juta penumpang dibandingkan realisasi pada 2017 lalu yang ada di angka 394 juta penumpang.

Baca: PT KAI Kembali Gelar Festival Ngopi Bareng KAI

"Yang pasti bahwa kereta api ingin memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat dan ingin membuktikan juga bahwa kami siap untuk itu," terangnya.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun (HUT) PT KAI ke-73, Senin (10/9/2018) di Bangsal Kepatihan, turut serta dalam kegiatan tersebut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan jajaran pemerintah daerah (Pemda) DIY lainnya.

Edi optimis bahwa target tersebut akan tercapai, hal itu dikarenakan posisi KAI yang disebutnya tengah berada dalam posisi terbaiknya.

Pemerintahan saat ini pun, lanjutnya, telah memberikan dukungan yang maksimal terhadap angkutan masal yang berbasis rel tersebut.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa pihaknya terbuka untuk bekerjasama dengan operator lain untuk masuk dalam angkutan kereta api, karena hal itu juga diatur dalam undang-undang.

"Karena utamanya di seputar Yogya-Solo ini nantinya juga menjadi padat karena lalu lintas orang yang ingin bepergian. Yogya-Solo-Kutoarjo ini juga penuh dan kami berharap bisa memberikan pelayanan juga," imbuhnya.

Baca: Sosialisasi Keselamatan di Palang Pintu Kereta, PT KAI Daop 6 Ikut Pawai Pembangunan

Edi juga menambahkan, saat ini jumlah angkutan penumpang untuk stasiun terbesar di Yogya, yakni Stasiun Tugu berjumlah sekitar 35 ribu orang perharinya.

"Kita juga akan berusaha untuk meningkatkan pelayanan agar tidak merosot karena jumlah penumpang yang membludak. Saya juga sudah perintahkan kepala daerah operasi bahwa stasiun harus cantik dan indah, sehingga nantinya sekitar Tugu dan Lempuyangan ini menjadi kebanggaan bagi kita semua" tutupnya. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved