Kota Jogja

Gramedia Relakan Lahannya untuk Penataan Area Pedestrian di Jalan Suroto Yogyakarta

Selain penataan saluran, hal lain yang membutuhkan wakti cukup lama adalah komunikasi dengan pemilik persil di sekitar Suroto

Gramedia Relakan Lahannya untuk Penataan Area Pedestrian di Jalan Suroto Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Jalan Suroto sisi timur mulai dibongkar hari ini. Rencana revitalisasi trotoar diperkirakan selesai 23 Desember 2018 mendatang, Kamis (28/6/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penataan area Kotabaru yang saat ini terpusat di Jalan Suroto terus berproses.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono, menjelaskan bahwa ritme pekerjaan mereka saat ini lebih cepat 11 persen dari tata kala.

"Penataan belum bisa terlihat karena menyelesaikan saluran yang membutuhkan waktu lama. Itu kan mengubah dari saluran yang dulunya kecil menjadi besar. Tapi itu box-nya semua sudah ada, tinggal masang saja," bebernya, belum lama ini.

Ia menjelaskan bahwa selain penataan saluran, hal lain yang membutuhkan wakti cukup lama adalah komunikasi dengan pemilik persil di sekitar Suroto.

Agus mengatakan, Jalan Suroto nantinya memiliki area pedestrian yang jauh lebih lebar dari yang sebelumnya sehingga membuat pihaknya mencoba melakukan negosiasi dengan pihak-pihak yang terdampak.

"Gramedia telah merelakan tanahnya 10 meter persegi untuk keperluan pelebaran pedestrian. Telkom tamannya juga sudah dipotong untuk ini. Kami masih butuh komunikasi dengan yang lain," urainya.

Beberapa pemilik usaha, lanjutnya, telah sepakat dengan adanya pemangkasan persilnya untuk area pedestrian dan tinggal menunggu giliran untuk eksekusi.

"Ini juga terkait perubahan in out ke tempat yang berada di sepanjang Suroto. Misalkan di Bulog, in outnya sudah diubah," ujarnya.

Selanjutnya, minggu depan Agus memastikan di area tersebut sudah mulai bisa dipasang street furniture yakni kursi dan juga lampu penerangan.

"Sudah siap semua tinggal pasang. Area pedestrian ini nantinya juga akan menjadi tempat yang ramah diaabilitas, nyaman, dan manusiawi," tuturnya. (*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved